Budayakan Membaca Every Time & Every Where
Budayakan Membaca Every Time & Every Where

Budayakan Membaca Every Time & Every Where

Budayakan Membaca Every Time & Every Where

Buku Adalah Jendela dunia, kita tentu tak asing lagi dengan ungkapan ini, karena benar saja melalui buku kita bisa mengetahui informasi yang kita butuhkan, selain itu buku juga bisa menjadi hiburan saat kita suntuk. Misalnya buku-buku bacaan ringan seperti novel & komik.

Akan tetapi yang seperti kita ketahui, budaya membaca di negara kita masih sangat rendah. Sebagian besar masyarakat lebih suka menghabiskan waktu dengan bergosip, bercanda dengan candaan yang tidak bermutu, serta menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan gadget hanya sekedar gaya-gayaan hingga berselancar dalam hingar-bingar di media sosial. Ketika ditanya, kenapa sih di depan hp terus? Mereka selalu mengeluhkan, membaca adalah kegiatan yang membosankan atau terkadang menganggap harga buku yang relatif mahal atau bukunya nggak ada yang menarik, artinya selalu ada alasan pelajar bangsa ini untuk suka baca, padahal jika di hitung-hitung harga buku tidak lebih mahal dari paket internet.

Memang terkadang dengan internet sebagian orang bisa membaca buku secara online, tapi dari fakta yang kita lihat baik pelajar maupun masyarakat malah sebaliknya, mereka cenderung menggunakan hampir 24 jam waktu untuk bermain media sosial. Ayolah guys berfikirlah lebih logis! Jangan menggunakan waktu kita untuk 24 jam memantau media social, akun kita nggak bakalan lari kok, kalau kita menuangkan waktu kita minimal 2 jam untuk membaca buku secara online maupun buku cetak, dengan adanya kemajuan teknologi, pemikiran kita juga harus maju, kita harus memanfaatkannya dengan mencari kemudian membaca artikel, membaca biografi tokoh terkenal untuk inspirasi, maupun untuk mengakses materi yang belum dimengerti setiap mata pelajaran.

Kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta harus bisa mengatur porsi untuk menggunakan media sosial. Karena apabila kita memprioritaskan keinginan yang tak akan pernah ada batasnya, maka kebutuhan yang seharusnya kita penuhi akan terabaikan. Misalnya: ketika baru beli paket internet, digunakan sepuasnya, 24 jam tanpa off dari media sosial, giliran di kasih tugas untuk mencari artikel di internet, paketnya sudah habis, dan pada akhirnya tidak mengerjakan tugas, sebisa mungkin kita mestinya mampu meminimalisirnya.

Mulai sekarang mari rubah pola fikir dan mulailah menerapkan budaya membaca, dimulai dari diri kita sendiri, mulai dari komik, artikel, cerpen, novel hingga ensiklopedia, intinya mulailah membaca dari bacaan yang baik dan menyenangkan menurut kita masing-masing. ketika mulai membaca sesuatu apapun, kita akan mendapatkan pengetahuan baru yang selanjutnya akan membawa kepada keingintahuan baru hingga memaksa kita untuk membaca buku dengan tema yang bersesuaian atau berbeda, hingga terus seperti itu dan akhirnya kita menjadi pelajar yang selalu haus akan pengetahuan dan bahan bacaan baru

OLEH: NOVA TRI REJEKI (KELAS XI)

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.