Terlalaikan Liburan Panjang
Terlalaikan Liburan Panjang

Terlalaikan Liburan Panjang

Terlalaikan Liburan Panjang

Libur panjang atau bahasa kerennya Long Weekend adalah waktu yang sangat ditunggu tunggu oleh hampir sebagian besar pelajar sekolah. Rasa bahagia diiringi senyum sumringah terpancar jelas di wajah mereka. Berbagai rencana maen bareng teman ataupun rencana pergi berlibur bersama keluarga sudah terjadwal dengan.

Namun, entah saya adalah tipe anak yang tidak terlalu suka dengan waktu libur panjng. Padahal waktu tersebut adalah waktu yg paling tepat untuk sejenak istirahat dari rutinitas dunia per-sekolahan. Kebanyakan para pelajar begitu girang karena moment tersebut. Sebab bagi mereka ini adalah kesempatan untuk "mbangkong" alias bangun telat, nggak ketemu dengan ulangan harian, rumus-rumus berbagai mata pelajaran atau guru guru yang dianggap membosankan dan menyebalkkan. sehingga dengan begitu banyak siswa punya banyak waktu longgar buat hankout sama temen karena tidak terpotong oleh jam sekolah...
Lhah itukan mereka ,bukan saya!! Huufft........

Libur panjang jika tidak kita manfaatkan dengan baik atau diisi dengan hal yang menarik pasti akan terasa monoton dan membosankan. kenmudian yang paling bahaya dapat membuat kita terlena. kalau saja liburnya hanya satu atau dua hari saja tidaklah tertalu melenakan.Tapi kalau sudah mencapai 2 mingguan? ke-Istiqomah-an kitalah yang menjadi taruhannya. sehingga saya menyimpulkan setidaknya ada empat poin yang membuat libur panjang tidak begitu saya sukai.

1. Pemasukan berkurang
Disaat hari sekolah, orang tua kita pasti memberi uang saku minimal 5000 per hari atau cukup buat jajan. Sebagian uang saku tersebut ada yang dihabiskan untuk memebeli jajan tanpa sisa, ada pula yang disisakan untuk  ditabung. Dari situlah hampir sebagian besar pemasukan tabungan kita sebagai pelajar  betasal. Lantas, jika waktu libur datang? Kantongnya kering deh guys..

2. Tugas 3x lebih ribet
Libur panjang adalah waktu dimana pelajar sekolah tidak belajar sekolah. Sehingga sebagian guru sudah menyiapkan sejumlah tugas, yah meskipun tidak semua mata pelajaran ada tugas. Ada tugas dari satu atau dua mata pelajaran saja,tapi....ribetnya..hadeeeh!! Kalau tau gini mah mending 10 PR dari mapel yang berbeda.yang lebih mudah, ringkes dan tidak ribet untuk dikerjakan.

3. Ngebut Bahas Materi
Ketika libur panjang secara otomatis pasti proses belajar mengajar terhenti sementara. Hal tersebut menyebabkan berbagai materi pelajaran yang seharusnya sudah mencapai akhir bab  tersendat. Sehingga ketika masuk sekolah tiba adan mendekati ujian maka guru akan mengajak siawanya untuk cepat-cepat menyelesaikan pembahasan materi. Istilah yang kerap saya dengar Ngebut Bahas Materi.

4. Semangat Mulai Drop
 Bagi saya sekolah adalah salah satu penyemangat. Perbedaan terasa sangat jauh libur dengan ketika waktu sekolah. Hawa-hawa malas sudah mulai menyelimuti diri. Seakan-akan malas sudah dianggap menjadi "virus" yang paling menakutkan saat libur panjang tiba. Jika disekolah aktivitas tertata begitu rapi dan terjadwal,lain halnya ketika dirumah. Diakui atau tidak, pasti semua keteteteran dan jadi kendo plus loyo. Peraturan yang lebih bebas tidak seperti di sekolah telah membuat banyak siswa menjadi terlena. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri, godaan kesenangan sangatlah banyak, misalnya nonton TV ,main HP, nge-games,tidur sampai molor.

Mungkin begitulah gambaran kebanyakan pelajar jika hari libur datang. Walaupun tidak semuanya seperti itu, sebab semua itu tergantung pada diri kita pribadi. Kita sebagai harus lebih kreatif dan inovatif dalam rangka mengisi waktu libur panjang.Tentunya dengan hal hal yang positif dan bermanfaat,agar liburan kita tak terasa monoton dan tidak melenakan.
#holliday.

(SISKA FADHILATUL LAILI-KETUA UMUM PR IPM MAM WATULIMO)

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.