9 Fakta Menarik Tentang MAM Watulimo
9 Fakta Menarik Tentang MAM Watulimo

9 Fakta Menarik Tentang MAM Watulimo

9_Fakta_Menarik_Tentang_MAM_Watulimo
Ketika penulis Mengamati perkembangan madrasah maka saat ini adalah era kebangkitan madrasah. Banyak sekolah yang memilih untuk menggunkan identitas madrasah, hal itu karena kurikulumnya lebih diminati masyarakat. Ini merupakan perkembangan positif untuk menjadikan kurikulum agama sebagai sarana membentuk karakter anak. Madrasah-pun berbenah sesuai slogannya “madrasah lebih baik, lebih baik madrasah”. Hal tersebut tidak serta-merta dapat terwujud jika tidak ada kreatifitas dan karakter yang khas dalam diri madrasah.

Salah satu madrasah yang saat ini dalam tahap berkembang adalah MA Muhammadiyah Watulimo. MAM Watulimo salah satu madrasah yang terdapat di trenggalek, khususnnya di kecamatan Watulimo. Sekolah ini sangat unik dan memiliki corak yang begitu khas dibandingkan madrasah pada umumnya. Berikut adalah 9 fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang MAM Watulimo :


  1. MAM Watulimo adalah satu- satunya
    MAM adalah Madrasah Aliyah satu-satunya yang terdapat di Kecamatan Watulimo. Sekolah ini mampu bertahan di tengah beragam kondisi yang terjadi di Watulimo. Pasang surut madrasah ini dimulai sejak awal didirikannya, sekitar tahun 1993.
  2. Didirikan oleh orang non Muhammadiyah
    MAM Watulimo adalah sekolah di bawah naungan dikdasmen Muhammadiyah. Pendirian sekolah ini dilakukan beragam tokoh Islam di Watulimo, sehingga pondasi MAM Watulimo sejatinya adalah keberagaman dan ukhuwah islamiah. Sejarah pendirian ini dilatarbelakangi oleh harapan besar melayani pendidikan madrasah tingkat SLTA di Kecamatan Watulimo. Hal tersebut membuat tokoh  Islam di Watulimo mempunyai inisiatif untuk mendirikan MAM ini.
  3. Lokasinya terjepit di antara banyak sekolah
     Banyak yang tidak tahu lokasi MAM ini sebab lokasinya yang begitu tersembunyi diantara gedung-gedung menjulang perguruan Muhammadiyah, Kauman, Gemaharjo, Watulimo. sekolah yang "menjepit" madrasah ini antara lain PAUD di sebelah timur, TK ABA dan MIM disebelah selatan, dan MTsM disebelah barat dan utara. Padahal jika diakses dari jalan utama arah Pantai Prigi, lokasi madrasah ini begitu strategis yaitu didepan Pos Polisi gemaharjo. Namun karena letaknya diantara madrasah lain maka MAM menjadi seakan-akan terapit.
  4. Aliyahmu.com adalah ide kreatif para alumni MAM
    Aliyahmu.com adalah salah satu web yang dimiliki oleh MA Muhammadiyah Watulimo. Ide pembuatan website ini awal mula atas impian beberapa alumni MAM Watulimo agar almamaternya mampu bersaing di dunia maya. Saat ini aliyahmu.com menjadi portal segala informasi tentang kreativitas dan informasi MAM Watulimo.
  5. Sekolah diatas sungai
    Separuh dari gedung MAM Watulimo berada tepat diatas sungai yang melintasi perguruan Muhammadiyah. Sungai ini persis berada disebelah barat perguruan dan menjadi irigasi utama persawahan di Gemaharjo. Sehingga sepaurh pondasi ruang kelas berada di tengah-tengah sungai dengan beton yang begitu besar. Lokasi ruang kelas ini sudah berdiri sejak lama. Tak heran, terkadang beberapa siswa yang iseng, mereka memanfaatkan jam istirahat untuk memancing dengan potongan roti kesungai melalui cendela kelas.
  6. Hanya memilii 4 siswa
    Jumlah siswa yang sedikit adalah salah satu tantangan sekolah baru. Begitupun yang dialami oleh MAM Watulimo, saat madrasah ini baru seumur jagung. Dalam satu kelas (satu angkatan) hanya terdapat 4 siswa. Namun dengan jumlah tersebut bukan berarti proses belajar mengajar saat itu harus berhenti. Hal tersebut malah memudahkan para pengajar untuk membuat kelas semakin kondusif dan tenang (bisa diibartkan les privat). Meskipun beragam kondisi pernah dihadapi sejak tahun 1993, namun saat ini MAM Watulimo semakin dewasa dan masih terus bertahan, hingga saat ini rata-rata setiap angkatan sekitar 25 siswa.
  7. Kelas ditempati sarang wallet
    Lokasi madrasah yang dekat dengan area persawahan membuat beberapa burung walet (manok sriti) "mampir" ke gedung MAM Watulimo. Sebelum di renovasi sekitar 7 tahun yang lalu beberapa cendela madrasah memang banyakim yang bolong hal tersebuit memudahkan burung wallet masuk dan membuat sarang. Ketika pembangunan gedung madrasah belum begitu massif seperti sekarang, perguruan Muhammadiyah Kauman ini pernah memiliki gedung sarang wallet yang cukup besar, yang kemudian harus terusir karena alih fungsi gedung.
  8. Langganan kontingen Badminton tingkat Provinsi
    Enam tahun terakhir atau 3 kali berturut- turut MAM Watulimo selalu menjadi langganan wakil dari kabupaten Trenggalek di Ajang Kompetisi seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Provinsi. Prestasi tersebut diperoleh siswa MAM karena hobi dan kegigihan mereka sehingga mampu mengalahkan pesaing- pesaingnya se Kabupaten Trenggalek. Penyelenggaraan Aksioma tahun 2017 di Pare, Aliyah mengirimkan ganda putra terbaiknya sebagai wakil kabupaten.
  9. MAM Watulimo adalah satu-satunya MA milik Muhammadiyah
    Sejak resmi didirikan tahun 1993 hingga saat ini, belum ada Madrasah Aliyah milik Muhammadiyah selain MAM Watulimo. Sehingga sampai sekarang madrasah ini adalah satu- satunya madrasah aliyah Muhammadiyah di Kabupaten Trenggalek.

(TAUFIK HAS)

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.