Berbuatlah Peduli Semampumu
Berbuatlah Peduli Semampumu

Berbuatlah Peduli Semampumu

Berbuatlah_Peduli_Semampumu

Rasa peduli pasti dimiliki oleh setiap orang. Apalagi rasa peduli kepada sesama atau biasa disebut dengan kepedulian sosial. Kepedulian sosial biasanya berbentuk perhatian serta turut merasa apa yang orang lain rasakan, serta kepekaan dan respon kita terhadap kondisi yang dialami orang lain disekitar kita. Kebanyakan orang menilai bahwa kepedulian sosial adalah membantu saudara kita yang tertimpa musibah besar, misalnya mereka yang menjadi korban banjir, tanah longsor, gunung  meletus atau jika memberikan sesuatu kepada orang-orang yang kurang mampu. Meskipun hal itu tidak sepenuhnya salah, namun jika kita teliti kembali, kepedulian bukan hanya dalam hal yang besar dan terlihat dengan jelas. Tetapi, juga dalam bentuk sederhana kepada orang-orang yang dekat dengan kita, misalnya kepada teman. Banyak yang tidak mengerti bahwa apa yang sering kita lakukan kepada teman kita (katakanlah teman sekelas) merupakan bentuk rasa kepedulian sosial yang sederhana namun juga sangat berarti. Walaupun itu sering dianggap hal biasa dan sepele.

Contoh nyata bentuk kepedulian kita didalam kelas adalah meminjami teman yang tidak membawa atau tidak punya pulpen, pensil,penghapus, dan peralatan tulis lain. Meskipun seringkali barang yang di pinjam itu kandas tak kembali lagi (lagu lama anak sekolahanšŸ˜„). Jika tidak memiliki rasa peduli kita tidak akan mau repot-repot membantu mereka mengerjakan tugas atau PR, walaupun akhirnya mereka lebih memilih menyalinnya tanpa mau bersusah-susah memahaminya (hehe penyakit lama anak SMA).  Peduli itu bagi penulis berkaitan erat dengan perasaan tak tega, jadi mau seperti apapun respon yang dilakukan oleh teman yang dibantu, rasa peduli itu akan tetap ada dengan alasan tak tega atau kasihan. Misalnya jika tidak mengerjakan tugas, kita akan kasihan jika mereka dihukum. Namun terkadang peduli tak selalu berhubungan dengan sifat-sifat ingin membantu secara praktis, tapi peduli juga berhubungan dengan usaha memberi "pelajaran" kepada teman. Misalnya peduli dengan bentuk "pelit", contohnya pelit dalam urusan memberi contekan kepada teman. Kenapa disebut peduli ? Karena dengan peduli kita dapat membantu agar mereka tidak terus-terusan mengandalkan otak orang lain, dan akhirnya akan berusaha mandiri sehingga terhindar dari sifat malas dan bodoh.

Hal diatas adalah sedikit dari bentuk kepedulian sosial kepada teman dan sering kita alami, juga sebagai sikap awal dari jiwa kepedulian sosial kepada sesama. Tapi tahukah kalian jika peduli kepada sesama bukan hanya dalam bentuk perbuatan, namun juga lewat perkataan? Pada dasarnya peduli itu membantu. Bukan hanya berupa benda seperti, materi(uang), makanan dan kebutuhan fisik lainnya. Namun juga dapat berupa nasihat, motivasi, sindiran, dll. Misalnya, Apa yang terpikirkan dalam diri kalian jika ada teman  yang menyindir atau menegur kalian? Entah itu tentang tingkah laku, perkataan, atau apapun yang kalian lakukan. Pastinya kalian akan menganggap mereka juweh (cerewet), terlalu ikut campur urusan orang, sok tau, sok paling benar, dll. Kalian pasti bakal merasa marah dan tersinggung, kemudian tanpa introspeksi diri menyindir balik hingga saling mencaci. Padahal jika disadari itu merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan kepedulian teman kepada kita. Sebab saling mengkritik atau menyindir adalah cara pendewasaan seseorang atas segala tingkah laku yang dianggap salah. Mereka menginginkan agar kalian menjadi lebih baik lagi dan tidak menyimpang. Meskipun terkadang sindiran itu terlalu berlebihan.

Maka jangan pernah bosan untuk peduli kepada orang lain, karena suatu saat kalian juga akan membutuhkan kepedulian mereka. Atau jangan pernah menyesal karena telah peduli kepada orang lain walaupun telah diabaikan, karena pada dasarnya kita telah berbuat kebaikan. Tetapi harus tetap ingat bahwa rasa peduli perlu dilakukan dengan ikhlas dan tidak mengharap balasan apapun dari orang yang kita pedulikan.

(SILVIA PANGASTIKA-PR IPM MAM WATULIMO)

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.