Geliat Rangkaian Agenda MPK PDM Trenggalek
Geliat Rangkaian Agenda MPK PDM Trenggalek

Geliat Rangkaian Agenda MPK PDM Trenggalek

Geliat_Rangkaian_Agenda_MPK_PDM_Trenggalek

Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPK PDM) Trenggalek merupakan majelis yang menangani kegiatan pendidikan kader dan berada dibawah payung besar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Trenggalek. Majelis yang bergerak diwilayah perkaderan tersebut dalam beberapa pekan terakhir turut serta dalam beragam kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas kader dari tingkat PDM hingga Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). Berbagai kegiatan tersebut dimulai dari pelaksanaan Training of Trainer yang dilaksanakan MPK PWM zona 1, diteruskan pelaksanaan Baitul Arqam di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek (SD Inovatif), pengiriman utusan anggota Pemuda Muhammadiyah dan IPM untuk mengikuti Kajian Ramadhan PWM Jawa Timur, pengiriman anak yatim, serta acara buka bersama dan silahturahim MPK dengan seluruh ortom.
Kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi api penyemangat bagi segenap MPK PDM Trenggalek agar terus bergeliat menggerakkan roda perkaderan Muhammadiyah. Ragam kegiatan, diatas adalah sebagai berikut:

TOT Zona 1 di Nganjuk, 10-12 Maret 2017
Training of Trainer (TOT) Zona 1 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Jawa Timur untuk mencetak trainer Muhammadiyah agar setiap PDM se-Jatim dapat mengadakan kegiatan Perkaderan di daerahnya masing-masing. TOT Zona 1 dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Nganjuk yang berdekatan alun-alun kota. Zona 1 sendiri meliputi, Magetan, Ngawi, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Tulungagung dan Kotamadya Madiun. Utusan dari MPK PDM Trenggalek sejumlah 6 orang dengan komposisi ketua MPK, dan lima anggota MPK yang juga sebagai anggota Pemuda Muhammadiyah Trenggalek. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Sa’ad Ibrahim dan ditutup oleh ketua MPK PWM Jatim, Latipun. Peserta dari Trenggalek yang dikirim dalam pelatihan tersebut adalah Muh Nur Freda, Ahmad NK, Taufik Hidayat AS, Rosi, Ikhsan dan Ketua MPK PDM Kamas Tontowi. Keberangkatan mereka secara special didampingi oleh Anang Wahid Cahyono dari ketua PDM Trenggalek.

Baitul Arqam MPK PDM Trenggalek, 30 April-01 Mei 2017
Kegiatan lanjutan yang dijalankan MPK PDM Trenggalek adalah Baitul Arqam. Baitul Arqam merupakan modifikasi dan penyederhanaan dari Darul Arqam yang diselenggarakan ditingkat pimpinan Daerah, Cabang dan Ranting serta AUM. Sasarannya mulai simpatisan, anggota, Pimpinan Muhammadiyah dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah. Baitul Arqam MPK PDM Trenggalek dilaksanakan selama dua hari di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Kegiatan yang melibatkan semua pimpinan AUM dan Cabang se-Trenggalek tersebut dibimbing langsung oleh Master Training, Anang Wahid Cahyono dan ketua MPK PDM Kamas Tontowi. Kegiatan ini mengundang Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan AUM serta ketua ortom dibawah naungan PDM Kabupaten Trenggalek. Pemateri yang diundang pun beragam, mulai dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, unsur kampus dan anggota PDM Trenggalek. Keberhasilan kegiatan tersebut juga berkat kerjasama yang baik antara MPK dengan ortom Muhammadiyah di Trenggalek seperti KOKAM, KOSEGU, AISYIYAH dan PD IPM Trenggalek.

Pengasuhan Anak Yatim
Setiap musibah dan cobaan tidak bisa diprediksi ataupun dicegah, seperti halnya Hafidz anak SMP Muhammadiyah Pule yang telah kehilangan ayahnya. Sang ayah meninggal dunia secara mendadak terkena seragan “angin duduk”. Ayah Hafidz merupakan pengurus Ranting Muhammadiyah Jombok, Kecamatan Pule sekaligus bekerja di MIM Jombok Pule. Agus Tamami, Ketua PDM yang membidangi Dikdasmen bergerak cepat dengan mengutus ketua MPK untuk bekerja sama dengan Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Klojen, Malang agar Hafidz terus belajar (bersekolah). Meskipun pada awalnya sang ibu merasa sangat keberatan, namun berkat kegigihan salah satu anggota PCM Pule, akhirnya ia mampu meyakinkannya sang ibu agar Hafidz sekolah di Panti Asuhan. Pengiriman ke panti asuhan dilakukan oleh Ketua MPK, Kamas Tontowi dan Eko susanto beserta anggota PCM Pule.

Kajian Ramadhan PWM Jatim 3-4 Juni 2017
PWM Jatim setiap Bulan Ramadhan selalu mengadakan kegiatan Kajian yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan tersebut mengundang pengurus Muhammadiyah di seluruh Jawa Timur, dengan pembicara dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kajian Ramadhan tahun ini bahkan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo. MPK PDM Trenggalek juga turut serta dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan delegasinya. Dari unsur MPK yang menghadiri acara skala nasional tersebut adalah Kamas Tntowi (Ketua MPK), Taufik Hidayat AS (Pemuda Muhammadiyah) dan Khusnul (IPM PD Trenggalek). Piminan MPK mengajak mereka sebagai sebagai wujud pengkaderan anak-anak muda potensial yang diharapkan mampu menjadi pengurus, pelangsung dan penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah di waktu mendatang.

Buka Bersama dan silahturahim MPK PDM Trenggalek 19 Juni 2017
Buka bersama bagi masyarakat muslim Indonesia adalah kegiatan yang sekaligus sebagai media silahturahim. MPK PDM Trenggalek memanfaatkan keberkahan budaya baik tersebut untuk saling menjalin keakraban dan membincangkan dinamika perkaderan di Trenggalek. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak dua puluh orang yang terdiri dari Ketua MPK PDM, serta unsur AMM dan beberapa perwakilan ortom. Kegiatan yang terlaksana di Mabes PDM Trenggalek tersebut terlaksana berkat kekompakan yang terjalin dari seluruh anggota MPK dan ortom di PDM Kabupaten Trenggalek.

(KAMAS TONTOWI-KETUA MPK PDM TRENGGALEK)

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.