Ada yang Baru Tentang Hizbul Wathan SMKM Watulimo
Ada yang Baru Tentang Hizbul Wathan SMKM Watulimo

Ada yang Baru Tentang Hizbul Wathan SMKM Watulimo

Ada_yang_Baru_Tentang_Hizbul_Wathan_SMKM_Watulimo

Sabtu, 08Juli 2017, SMK Muhammadiyah Watulimo menyelenggarakan Diklat Dewan Amaliyah kepanduan Hizbul Wathan Qobilah periode 2017-2018. Jalannya kegiatan tersebut diringi dengan cuaca yang kurang bersahabat. Sebab selama rangkaian agenda gerimis dan suhu yang begitu dingin tengah menyelimuti Kecamatan Watulimo.

Diklat tersebut secara seremonial dimulai pukul 13.00 WIB, dibuka langsung oleh Drs.Khatib, S.Ag,M.MPd, selaku kepala SMK Muhammadiyah Watulimo. 

"Alhamdulillah acara tetap berjalan lancar meskipun cuaca agak mengganggu, sedangkan dalam pelaksanaan diklat kami berharap dapat membentuk kepanduan yang mempunyai kedisiplinan, berkarakter dan berakhlak seperti dalam tema" ujar Dwi Wulandari selaku sekretaris dewan amaliyah pandu HW Qobilah SMKM Watulimo yang baru.

Dalam pelaksanaan diklat kali ini, panitia mengambil tema "dengan kedisiplinan dapat membentuk karakter dan menumbuhkan rasa tanggung jawab serta mewujudkan pribadi yang berakhlak". Sedangkan materi yang disampaikan terdiri dari: system perkaderan dan Organisasi pandu Hizbul Wathan, cara bertahan hidup di alam bebas (survival), outbond sinergi building serta dinamika kelompok.

Materi pertama diisi tentang perkaderan dan organisasi pandu HW yang disampaikan oleh Ramanda Ahmad Nur Kholiq, S,Pd.I. Ia menjelaskan cara menjadi kader pandu HW yang baik. Ia juga mengingatkan agar selama pelaksanaan MOP (Masa Orinetasi Penghela) kader HW harus menyuguhkan materi yang menyenangkan, kreatif, menididik sehingga tidak terkesan ada perpeloncoan atau sebagai  ajang balas dendam saja. Diakhir penyampaiannya ia juga mengenalkan  perubahan tepuk HW yang baru kepada seluruh peserta diklat.

Sedangkan materi tentang dinamika kelompok disampaikan oleh Cipto Edi Wibowo, S.Ps.I. Ia menjelaskan pengertian dari dinamika kelompok dan cara kerja dalam sebuah organisasi kepada seluruh pengurus qobilah  yang hadir.

Sedangkan Ramanda Anta Khoirul M.F menyampaikan materi survival. Menurutnya manusia diberikan akal dan naluriah untuk bertahan hidup di alam bebas dengan memanfaatkan alam tanpa merusaknya, dan peserta diklat diberi pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan bila berada dalam keadaan yang medesak seperti hal tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan Dewan Amaliyah Pandu HW Qobilah SMKM Watulimo periode 2017-2018 yang dipimpin langsung oleh waka kesiswaan. "Saya berharap pandu HW SMK Muhammadiyah Watulimo lebih baik untuk kedepannya agar jiwa Soedirman benar-benar terpatri dalam benak setiap kader" ujar  Rokhmad Basuki saat sambutan pelantikan.

Diklat tersebut ditutup Minggu 09 Juli 2017 pada pukul 12.00 WIB. Upacara penutupan  bertempat di halaman SMK Muhammadiyah Watulimo. Sedangkan penutupan tersebut dipimpin oleh ketua umum baru kepanduan HW SMK Muhammadiyah Watulimo dan Rokhmad Basuki, S.Ag sebagai inspekturnya mewakili bapak kepala SMK Muhammadiyah yang berhalangan hadir.

Menurut sekretaris dewan amaliyah pandu HW Qobilah, melalui diklat tersebut harapannya para pandu Hizbul Wathan mampu berparadigma positif sehingga dapat dijadikan keteladanan dan media kolektif bagi masyarakat pelajar khususnya pelajar SMK Muhammadiyah Watulimo menuju peradaban yang lebih baik.

"Alhamdulillah kami bisa menyelenggerakan event yang positif, kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan kebersamaan, kemandirian, kedisiplinan, serta tanggung jawab, khususnya bagi para peserta diklat Pandu Hizbul Wathan Qobilah SMK Muhammadiyah Watulimo dalam upaya mengembangkan jalinan silaturahmi antar sesama dalam perwujudan takwa kepada Allah" tutup Dwi Wulandari kepada aliyahmu media.

(ALIYAHMU MEDIA)

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.