Aku Berfikir Tentang Stiker dan Dakwah
Aku Berfikir Tentang Stiker dan Dakwah

Aku Berfikir Tentang Stiker dan Dakwah

Aku_Berfikir_Tentang_Stiker_dan_Dakwah
Malas adalah rasa yang membuat kita jengkel, malas seringkali hinggap pada diri kita. Entah itu malas makan, malas mandi atau malas tentang apalah itu. Tapi satu hal, jangan malas untuk berfikir, sebab kadang seringkali kita ceroboh dan penyebab kecerobohan itu karena kita malas untuk berfikir.

Biasanya jika kita sedang berfikir, kita akan menjumpai sebuah gagasan baru, ide atau kreatifitas segar. Apalagi yang paling sering kita fikirkan adalah ragam aktivitas dan kondisi sekitar kita. Dengan terbiasa berfikir, pasti otak kita akan kesana-kemari melayang. Dalam suatu masyarakat ada banyak hal yang kita lihat dan terkadang tanpa kita sadari itu bisa menjadi suatu media berolah fikir yang sangat berguna. Seperti dalam tulisan ini, saya seketika berfikir dan membayangklan potensi yang begitu besar dari sebuah stiker.

Stiker banyak sekali dijumpai di tiang listrik, sepeda motor, pintu toilet hingga pintu mikrolet, atau hampir-hampir di setiap pandangan kita jumpai benda tersebut. Apalagi sekarang lagi buming stiker berisi meme yang berasal dari media sosial. Tapi sayang, stiker itu biasanya berisi tulisan yang nyeleneh-nyeleneh. Kata-kata dalam stiker yang sering dijual biasanya berisi tulisan yang berbau negatif dan kurang ada pesan moral/sosial, padahal stiker itu sering di jumpai dan dibaca oleh semua usia.

Meskipun stiker itu kecil dan sederhana, selalu ada dimana-mana sehingga kita bisa menggunakannya sebagai media dakwah untuk kebaikan. dakwah melalui tulisan di stiker terlihat sangat sederhana, tapi tidak semua kesederhanaan itu murah, sebab sederhana jika bisa berdampak banyak maka akan begitu mahal manfaatnya. 

Melalui kesederhanaan dan keampuhan stiker tersebut, kita bisa menggunkannya sebagai media dakwah. Dakwah itu tak perlu besar-besar dan tak perlu menggunkan bahasa yang shok alim, yang penting bisa mengenai sasaran dengan tepat. Melihat kebiasaan, bahwa stiker sering diminati oleh anak muda serta di pasang di tempat yang strategis, sehingga dengan tidak sadar mereka telah berdakwah dengan cara yang begitu mudah dan simpel.

Bagi yang memiliki kreatifitas, stiker dakwah dibuat seperti meme dan sedikit lebih menarik lagi dari pada stiker lainnya. Tulisan dalam stuiker yang biasanya berbau hal-hal negatif kita bisa rubah menjadi bentuk frasa positif seperti seperti  “ ayo sholat, kalo tidak neraka menanti”, “AWASS !!!! Jangan lupa salam” dan masih banyak lagi. Kalau isi tulisannya seperti itu kan enak kita bacanya. Tulisan-tulisan tersebut jika sering kita baca pasti akan ingat terus sehingga dengan otomatis kita akan terbiasa dengan saran- saran positif. 

Selama ini Stiker yang beredar kebanyakan berbau negatif lalu sering kita baca dan tidak sadar bisa memengaruhi perilaku kita. Coba pikirkan hal-hal sederhana, jangan menganggap hal sederhana itu remeh tapi justru hal sederhana itu menjadi hal yang penting ketika kita mampu memahami dari sudut pandang yang positif.

(ALIYAHMU MEDIA-UMMU HABIBATUS)*
*PR IPM MAM Watulimo

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.