Jamaah Kajian Rutin PCM Watulimo Membludak di Masjid Al-Falakh
Jamaah Kajian Rutin PCM Watulimo Membludak di Masjid Al-Falakh

Jamaah Kajian Rutin PCM Watulimo Membludak di Masjid Al-Falakh

Jamaah_Kajian_Rutin_PCM_Watulimo_Membludak_di_Masjid_Al-Falakh
Jum'at, 20 Oktober 2017 Pimpinan Cabang Muhammadiyah Watulimo melaksanakan kajian rutin di Ranting Gemaharjo 1. Kegiatan kajian tersebut sudah terlaksana kesekian kalinya dengan pembicara adalah ustadz Anang Wahid, Lc,M.H.I.

Antusiasme warga Muhammadiyah begitu luar biasa dalam menyambut kajian rutin dari PCM Watulimo. Tidak kurang dari 500 warga Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Kecamatan Watulimo datang untuk mendengarkan tausyiyah da'i muda Muhammadiyah tersebut. Panitia yang terdiri dari ta'mir masjid Al-Falakh, Dukuan Tukul Desa Gemaharjo bahkan sempat kualahan karena saking membludaknya warga yang menghadiri kajian dan kurangnya kursi, namin berkat bantuan warga akhirnya sebagian jamaah yang hadir dipersilahkan di teras waga setempat.

Dalam sambutannya Pimpinan Cabang Muhammadiyah menyampaikan bahwa Muhammadiyah harus selalu di jaga dan diikat. Baginya Muhammadiyah di Watulimo akan senantiasa berdenyut jika warga Persyarikatan senantiasa saling menghidupi amal usaha milik Muhammadiyah. Ia juga menyampaikan bahwa kajian rutin yang diselenggarakan di Ranting Gemaharjo 1 ini merupakan dambaan warga Gemaharjo, apalagi warga Muhammadiyah Watulimo menginginkan Ustadz Anang selalu menjadi pembicaranya.

"Perkembangan Muhammadiyah sudah sangat pesat di Watulimo, tugas kita adalah menjaga dan mendukung segala program kontruktif bagi persyarikatan. Apalagi agenda seperti ini, warga Muhammadiyah sudah banyak yang suka, sebab jika pembicaranya ustadz Anang terus, warga Muhammadiyah sudah kadung cocok" Ujar H.Warjito dalam sambutannya.

Ustadz Anang, menyampaikan beberapa hal dalam kajian rutin tersebut. Menurutnya warga Persyarikatan perlu dan harus berkualitas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha menambah khazanah keilmuan. Diantaranya, perlu kecerdasan, sikap "rakus" terhadap ilmu, senantiasa bersungguh-sungguh dan tidak berputus asa, selalu menjalin kedekatan dengan ustadz atau majlis ilmu dan bersikap sabar, sebab menuntut ilmu adalah tahapan dengan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Seperti biasa, materi yang disampaikan Ustadz Anang begitu ringan. Hal tersebut membuat seluh hadirin terlihat antusias. Ia menyinggung mengenai kemuliaan sholat di Masjid. Tentang hukum sholat di Masjid adalah sangat ditekankan atau sunnah muakad. Adapun hadits yang menyebutkan bagi perempuan tidak diperkenankan, hal tersebut dilihat dari sebab disampaikannya hadits (asbabul wurud) maka saat ini para ulama membolehkan. Rasulullah pernah melarang karena hadits tersebut disampaikan Rasul tidak lama setelah hijrah nabi ke Madinah, yang dari segi keamanan kurang terjamin bagi kaum hawa.

Para ulama sepakat bahwa wanita diperbolehkan untuk sholat di masjid dengan berbagai pertimbangan, diantaranya, (1) aman dari fitnah ketika berjalan ke masjid (2) ada tempat kusus untuk wanita di masjid yang membatasi pandangan pria, (3)kewajiban wanita di rumah sudah terselesaikan. Ia juga menyampaikan beberapa hal terkait kemuliaan sholat sunnah rawatib yang mesti dijalankan ummat Islam.

Materi yang disampaikan da'i lulusan universitas terkemuka di Mesir tersebut lebih kepada soal ibadah yang sangat lekat dengan keseharian ummat Islam. Terutama ajakan untuk meramaikan masjid, sebab ada empat keutamaan yang didapat seorang laki-laki saat melaksanakan ibadah sholat di masjid (HR.Muslim-1059), yaitu, (1) menghadirkan pahala lebih 20 derajat dengan menyempurnakan wudhu; (2) langkah pertama menuju masjid diangkat derajatnya lalu langkah selanjutnya menggurkan dosa-dosa; (3) akan selalu mendapatkan pahala sholat selama didalam masjid menjaga niat sholatnya dan; (4) dimuliakan malaikat dengan selalu memujinya.

Kajian diakhiri pada pukul 16.00 WIB dengan sesi tanya jawab lalu dilanjutkan dengan doa penutup. Kemudian seluruh jamaah menjalankan sholat Ashar berjamaah dengan ustadz Anang selaku imam sholat.


(ALIYAHMU MEDIA-SEKRETARIS PCPM)*
*PCPM Watulimo Periode 2016-2020

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.