Saring Kader Kreatif dan Berkarakter SMKM Watulimo Gelar Pemilihan Duta Pelajar 2017
Saring Kader Kreatif dan Berkarakter SMKM Watulimo Gelar Pemilihan Duta Pelajar 2017

Saring Kader Kreatif dan Berkarakter SMKM Watulimo Gelar Pemilihan Duta Pelajar 2017

Saring_Kader_Kreatif_dan_Berkarakter_SMKM_Watulimo_Gelar_Pemilihan_Duta_Pelajar_2017
Pemuda hari ini adalah generasi masa depan. Istilah tersebut bukanlah sekedar kata mutiara pemanis sebuah retorika, namun lebih dari itu, kalimat tersebut memiliki makna yang luar begitu dalam. Maka dari itu menjadi sesuatu kewajiban bagi lembaga dan organisasi untuk mempersiapkan generasi masa depan dengan baik dan tersistem.

Berangkat dari kesadaran dalam menyiapkan kader-kader masa depan yang kreatif dan berkarakter, sekaligus sebagai bentuk implementasi dari Semangat Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah Watulimo menggelar acara Pemilihan Duta Pelajar (PDP) SMKM Watulimo. Acara ini digelar pada tanggal 1 s/d 2 Nopember 2017.

Rangkaian kegiatan PDP SMK Muhammadiyah Watulimo ini dibagi menjadi dua hari. Hari pertama fokus pada penilaian lomba kebersihan kelas, sedangkan hari kedua terkonsentrasi pada pemilihan duta pelajar dan pentas seni perwakilan masing-masing kelas. PDP sendiri merupakan acara perdana yang di gelar civitas akademik SMK Muhammadiyah Watulimo. Kedepan kegiatan tersebut direncanakan menjadi program rutin Tahunan sekolah.

"Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut diantaranya untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama siswa-siswi SMK Muhammadiyah Watulimo; Memupuk semangat bekerja sama dalam satu tujuan; meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni; sarana hiburan bagi siswa; dan juga meningkatkan rasa kecintaan terhadap kesenian Indonesia" ujar Rohmad Basuki, kepada tim Aliyahmu Media.

Selain itu menurut guru yang dikenal tegas dan no kompromi tersebut, siswa yang terpilih jadi duta diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap penegakan kedisiplinan di sekolah sehingga menjadi magnet bagi siswa siswi yang lain.

Kegiatan PDP ini mendapatkan respon yang luar biasa dari kalangan siswa-siswi SMK muhammadiyah Watulimo. Hal ini terbukti dari antusiasme segenap civitas akademik SMKM Watulimo, bahkan semua siswa terlibat dalam menyongsong kegiatan tersebut, mulai dari event lomba kebersihan kelas, semua anggota kelas sibuk menghias kelasnya masing-masing sampai pada penyiapan pentas seni masing-masing kelas.

“Ini sesuatu yang luar biasa, semua terlibat, pokonya all out lah, gak nyangka bisa seheboh ini bahkan antusiasme juga tercermin dari jumlah peserta audisi calon duta pelajar yang mencapai 34 siswa-siswi dari 13 kelas yang ada." ungkap ketua IPM SMKM Watulimo.

Untuk menghindari stigma bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut hanya mengexplorasi tampang dan penampilan saja, maka konsep penyelenggaraan kegiatan PDP ini lebih mengadopsi penyelenggaraan pemilihan duta wisata, kakang mbak yu ditingkat kecamatan dan kabupaten. Proses pemilihan PDP dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan. Tahap pertama peserta memeragakan busana bernuansa Islami dan berjalan diatas cat walk yang sudah disiapkan. Selanjutnya pada tahap kedua seluruh peserta diminta untuk menunjukkan bakatnya masing, pada inilah banyak terjadi kejutan, bakat siswa-siswi yang selama ini belum nampak dipermukaan, justru muncul di tahap ini. Mulai dari seni pidato, seni menyanyi, seni bela diri, seni puisi, seni membaca Al-Qur’an hingga ada pula yang menunjukkan bakatnya dalam ketangkasan bermain stick drum band serta masih banyak bakat-bakat yang lain.

Dari tahap kedua terjaring 6 peserta terbaik yang dipilh oleh dewan juri. Keenam siswa-siswi tersebut kemudian masuk di tahap terakhir, yaitu uji wawasan dan pengetahuan, baik akademik maupun non akademik. Kontestan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang telah disiapkan oleh dewan juri.

Melalui beberapa proses dan tahapan, akhirnya terpilihlah siswa putra atas nama Saldino perwakilan Kelas XII TKR dan siswa Putri atas nama Faridatul Aan perwakilan dari kelas XI TKJ Yang resmi menjadi Duta Pelajar SMK Muhammadiyah Watulimo Tahun 2017.

Setelah proses PDP SMKM Watulimo 2017 selesai, rangkaian acara masih berlanjut dengan penampilan pentas seni dari masing-masing kelas. Pentas yang juga memerebutkan tropi dan beberapa doorprize dari sponsorship yang mendukung kegiatan tersebut. Beberapa sponsor yang terlibat dalam agenda tersebut diantaranya Bank Jatim Cabang Pembantu Watulimo serta beberapa dunia usaha di kawasan Watulimo.

"Di ajang pentas seni ini, tidak sedikit kreatifitas yang ditunjukkan oleh siswa siswi SMKM Watulimo yang mengundang decak kagum para penonton. Banyak yang tidak menyangka ternyata banyak kreatifitas positif yang selama ini belum begitu tergali dan masih terpendam di kalangan siswa. Sukses kegiatan ini, memberikan lesson learned bagi siswa-siswi SMK Muhammadiyah Watulimo tentang arti pentingnya kerjasama, kebersamaan, kerja keras dan disiplin tingkat tinggi dalam mencapai suatu target. Dan melalui ajang semacam ini diharapkan mampu mengisi kekosongan kader-kader pelajar Muhammadiyah yang berkarakter, kreatif dan berbudaya" Tutup Rohmad Basuki kepada Aliyahmu Media.


(ALIYAHMU MEDIA-ICS)*
*Kontributor aliyahmu.com untuk SMKM

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.