Catatan Relawan MAM Watulimo di Pacitan
Catatan Relawan MAM Watulimo di Pacitan

Catatan Relawan MAM Watulimo di Pacitan

Catatan_Relawan_MAM_Watulimo_di_Pacitan
Minggu, 03 Desember 2017 relawan dari jajaran ortom Pimpinan Daerah Muhammadiyah Trenggalek mengadakan bakti sosial dengan agenda menyalurkan bantuan bagi masyarakat Pacitan.

Ketika tim melintasi jalan-jalan terlihat berbagai kerusakan terbentang disepanjang pemandangan. Seperti pemukiman dan jembatan banyak yang rusak bahkan roboh. Bahkan pepohonan juga tak luput terkena dampak bencana ini, hingga banyak yang tumbang. Saat perjalanan, kami terheran-heran dengan besarnya bencana yang menimpa Pacitan. Gundukan tanah longsor, sawah yang menyatu dan rata bagai sungai, perkebunan yang hancur, seakan menjadi pemandangan yang sudah lazim pasca bencana di kabupaten tersebut. Pasar yang menjadi penopang perkonomian warga juga porak-poranda karena banjir.

Jika diperhatikan sekilas, wilayah Pacitan termasuk kabupaten yang memiliki banyak perkebunan dan pepohonan besar sebagai penanggul longsor. Sehingga terkesan sangat kecil kemungkinan untuk terjadi bencana sperti ini. Namun apabila Tuhan telah berkehendak, siapapun tidak akan bisa mengelak dan memprediksi meskipun dengan akal sehat sekalipun. Bencana tersebut, selain merusak akses kota, juga banyak menelan banyak korban jiwa. Tercatat, saat kami melakukan kunjungan ada sekitar 10 korban meninggal, dan ratusan korban terkena penyakit dan mengungsi.

Menurut penuturan salah seorang warga, bencana ini di sebabkan oleh intensitas hujan yang begitu tinggi disertai angin kencang yang tiada henti. Waktu bencana yang terjadi di malam hari, semakin menambah dampak korban. Bahkan baru ketika pagi, mereka tersadar bahwa air sudah naik meneggalamkan rumahnya. Dirumah salah seorang warga, KOKAM melakukan kerja bakti untuk membersihkan lumpur sisa sisa banjir. Bencana tersebut bahkan  hampir menenggelamkan seluruh barang dan harta benda milik warga. Tak perlu waktu lama relawan KOKAM dan MDMC Trenggalek berhasil  membersihkan lumpur sisa banjir di rumah tersebut.

Bagi kami, dibalik semua bencana tersebut terdapat pesan tersirat dari Sang Maha Kuasa. Ini merupan sebuah teguran dari Allah bagi hambanya yang lalai. Selain itu hikmah dari cobaan ini adalah Allah ingin menguji iman dan ketaqwaan warga Pacitan. Semoga saja warga Pacitan bisa kuat menghadapi semua ini dan bisa  bangkit kembali membangun Pacitan seperti semula.


(ALIYAHMU MEDIA-AMIN TIYAS)*
*Siswa Kelas X MAM Watulimo

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.