Kajian PCM Watulimo: "Hati-hati Saat Berucap Sumpah, Termasuk Sumpah Jabatan Kepala Daerah"
Kajian PCM Watulimo: "Hati-hati Saat Berucap Sumpah, Termasuk Sumpah Jabatan Kepala Daerah"

Kajian PCM Watulimo: "Hati-hati Saat Berucap Sumpah, Termasuk Sumpah Jabatan Kepala Daerah"

Kajian_PCM_Watulimo:"Hati-hati_Saat_Berucap_Sumpah,_Termasuk_Sumpah_Jabatan_Kepala_Daerah_
Kajian rutin Pimpinan Cabang Muhammadiyah Watulimo kembali digelar pada Jum'at 8 Desember 2017 di Ranting 2 , di masjid Ash Shohabiyah Desa Slawe. Sedangkan yang menjadi pembicara dalam kajian tersebut adalah Ustad Anang Wakhid Lc dari PDM Trenggalek.

Kajian tersebut dihadiri oleh ratusan warga Muhammadiyah dari seluruh Kecamatan Watulimo. Kajian rutin ini selain sebagai sarana dakwah juga dijadikan sebagai media untuk saling berkumpul antar pengurus Ortom Muhammadiyah di wilayah Watulimo. Dengan dihadiri oleh seluruh pimpinan Ortom Muhammadiyah yang berada dibawah payung PCM Watulimo.

Animo masyarakat semakin hari semakin berkembang pesat. Terlihat dari jumlah dan heterogenitas warga Muhammadiyah yang menghadiri kajian tersebut, mulai anak PAUD Nasyiatul Asiyiyah Watulimo hingga para sesepuh warga dan tokoh Muhammadiyah terlihat melebur dalam kehangatan kajian siang itu. Bagi H. Warjito, selaku Pimipinan Cabang Muhamadiyah, hal ini menjadi bagian dari semangat regenerasi guna mendukung gerakan da'wah Muhammadiyah.

"Semua Warga Muhammadiyah jika ada jadwal kajian seperti ini sudah terbiasa menghadiri, dan luar biasa antusiasnya. Kedepan agar lokasi kajian merata disetiap ranting, maka tuan rumah akan digilir dengan sistem yang teratur dari PCM Watulimo" ujar H. Warjito saat sambutan pembukanya.

Materi awal yang disampaian Ustad Anang Wakhid dalam kajian tersebut terdiri dari bahasan "jagalah Allah maka Ia akan senantiasa menjagamu". Dalam kesempatan itu da'i muda asal Kecamatan Tugu Trenggalek tersebut memeberikan wawasan bahwa ada tiga hal yang mesti dijaga dalam rangka hubungan kepada Allah, (1) menjaga selalu hukum- hukum sesauai yang telah digariskanNya;(2) menjaga atas kebebasan hak-hak yang diberikan Allah kepada manusia; (3) serta selalu patuh atas perintahNya.

Kajian yang juga dihadiri pimpinan ranting se Kecamatan Watulimo tersebut menekankan agar warga khususunya Muhammadiyah senantiasa menjaga aqidah dan keimanannya. Dengan begitu paling tidak segala kegiatan ibadah akan turut berjalan baik, terutama masalah sholat wajib dan berjamaah dalam rangka menjalin ukhuwah. Sebab ketika sholat berjamaah setidaknya dua manfaat yang diperoleh, hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama saudara muslim dapat terwujud.

Hati-hati dalam berucap terutama dalam bersumpah. Sumpah adalah bagian dari janji dan hutang, apalagi jika kalimat sumpah tersebut membawa nama Allah atau asma-asmanya. Maka da'i yang juga aktif di MPK PDM Trenggalak itu mengingatkan agar ummat Islam selalu menjaga ucapan sumpahnya.

Beliau juga sedikit menyentil fenomena saat ini.  Banyak pejabat lalai akan sumpah yang terucap didepan rakyat dan bahkan dibawah kitab suci Al-Qur'an.

"Lah begini pak, buk mangkanya jika bersumpah hati-hati, sebab yang lalai sumpah atau sengaja melalikan ia berarti melalikan amanah yang diucapkannya didepan manusia dan juga disaksikan Allah. Apalagi contohnya sumpahnya pak RT kemudian karena gajinya kurang lalu sebelum berakhir jabatan ia pilih jadi lurah, adalagi yang jadi pemimpin daerah, lalu belum puas sebelum akhir jabatan sudah lalai sumpahnya dan milih jadi pejabat yang lebih tinggi jabatan dan gajinya" ujar Ustad Anag, diikuti gelak tawa hadirin.

Ia juga tak lupa mengingatkan agar ummat Islam senentiasa menjaga diri dari apapun yang haram. Hal itu diibaratkan agar kita selalu menjaga perutnya. Artinya jauhkan semua hal yang masuk menjadi daging ini dari apapun yang telah diharamkan agama.

Dosen jurusan Syariah di IAIN Tulungagung itu menutup kajian dengan doa dan memberi pesan kepada seluruh yang hadir untuk selalu menjaga akan kewajiabnnya sebagai hamba dan sebagai khalifah di Bumi.

(ALIYAHMU MEDIA-SEKRETARIS PCPM WATULIMO)*
*PCPM Watulimo Periode 2016-2020

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.