7 Fakta Satu Tahun aliyahmu.com
7 Fakta Satu Tahun aliyahmu.com

7 Fakta Satu Tahun aliyahmu.com

7_Fakta_Satu_Tahun_aliyahmu.com
17 Januari 2018 adalah peristiwa bersejarah dalam perjalanan media aliyahmu.com. Media milik MAM Watulimo yang berdiri sejak pertengahan tahun 2016 ini menjadi wadah bagi hobi dan prestasi literasi siswa MAM Watulimo.
Namun tidak hanya berhenti disitu, dalam perjalannyan aliyahmu.com mengalami pasang surut, baik dari sisi konten maupun pengelolanya. Namun pada Rabu 17 Januari 2018, aliyahmu.com melakukan perombakan manajemen dan kepengurusan. Hal itu tidak lepas dari usaha ingin memajukan media milik sekolah ini. Sehingga melaluin rapat dewan redaksi terpilihlah para pengelola baru dari siswa MAM Watulimo. Siska Fadhilatul Laili (XI) terpilih menjadi pemimpin redaksi untuk satu tahun kedepan menggantikan Brillian Fathurrochim.

Dibalik proses regenerasi dan jibaku membangun aliyahmu.com hingga dua tahun lebih ini ada banyak ikhtiar dan bantuan "Tangan Tuhan" yang kadang tidak disangka-sangka membantu kita di redaksi. Penulis, yang juga sebagai  finishing editor di media yang berlabelkan "We are the future" mencatat ada tujuh fakta unik tentang aliyahmu.com yang telah terangkum:

1. Website Hadiah, Mungkin masih ingat saat perayaan 108 Muhammadiyah lalu redaksi aliyahmu.com membuat video. Disana ada percakapan saya dengan wartawan aliyahmu.com, yang intinya website ini dibangun oleh alumnus MAM Watulimo mastrigus.com, yang secara cuna-cuma menghadiahkan merk aliyahmu.com (We are the Future) ini untuk siswa MAM Watulimo.

2. Awalnya Dicibir, saat mastrigus.com menawarkan diri untuk membuat media ini, sebagian guru MAM Watulimo masih memandang sebelah mata. Ketidaktahuan akan pentingnya media sekolah menjadi salahsatu penyebabnya. Namun lambat laun hal ini dapat dipahami, sehingga saat ini media ini dapat berkembang baik dan mampu mewadahi kretifitas literasi siswa MAM Watulimo. Bahkan beberapa guru juga turut menyumbangakn karya terbaiknya.

3. Wadahi Berita Muhammadiyah Trenggalek, awal media ini terbentuk, akses wartawan sekolah dalam mencari berita masih belum luas. Namun ketika aliyahmu.com banyak memosting berita sekolah, banyak kalangan warga Muhammadiyah yang tertarik kemudian mengirimkan berita kegiatan diwilayahnya ke ruang redaksi aliyahmu.com hingga saat ini.

4. Sekolah Modal Rp.300.000,-. “,mas berapa saya harus bayar semua pengerjaan website ini?” pertanyaan itu saya sampaikan kepada mastrigus.com saat website ini resmi di launching. Ketika itu website sudah siap pakai namun butuh pembenahan layout. Sekolah hanya mengeluarkan biaya pembelian hosting seratus ribu dan membeli layout dua ratus ribu agar tampilan lebih menarik. Sedangkan biaya lain-lain mastrigus.com yang menjadi fauinding utama website ini sepeserpun tidak meminta imbalan.

5. Sempat Akan Dijual/Dimatikan, sebenarnya aliyahmu.com telah terwujud hampir dua tahun yang lalu. Namun karena mastrigus.com belum memberikan sosialisasi kepada seluruh siswa dan pengelola sekiolah, maka hampir satu tahun aliyahmu.com saat itu mangkrak dan bahkan akan dimatikan. Sempat saat itu aliyahmu.com akan ganti nama dan dijual ke sekolah lain karena tidak ada tim MAM Watulimo yang siap mengelola.

6. Undang Dosen dan Para Penulis Motivasi Siswa, salahsatu dosen bahasa yang juga asli Trenggalek menjadi bagian penting atas kesusksesan terwujudnya aliyahmu.com ini. Ia adalah Misbahus Surur, dosen UIN Maslang yang juga sebagai penulis. Dengan sukarela memeberi motivasi kepada Siswa MAM Watulimo untuk giat nulis dan doyan baca. Selain itu Dian Meiningtyas (Mantan Ketua LPM Dimensi IAIN Tulungagung) juga sempat singgah dan memberikan ilmu jurnalisnya ke tim redaksi aliyahmu.com. Dan yang terakhir editor dari Jawa Pos Surabaya, Ahmad Santoso, yang juga alumni MAM Watulimo mampir sambil memberikan banyak pengalamnya kepada adik-adik pengelola aliyahmu.com.

7. Jadi delegasi di Jatim, saat saya mendapat undangan dari pwmu.com ke Surabaya, maka aliyahmu.com langsungh saya tunjuk dan menjadi satu-satunya media sekolah di Trenggalek yang mengirimkan delegasinya ke kantor redaksi pwmu. Melalui surat mandat resmi, MAM Watulimo mengirimkan Siska Fadhila saat itu untuk bersama-sama dengan seluruh kontributor se- Jatim memenuhi undangan pwmu.com.

(ALIYAHMU MEDIA-TAUFIK HIDAYAT AS)

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.