Kegigihan Sukseskan UNBK di MAM Watulimo
Kegigihan Sukseskan UNBK di MAM Watulimo

Kegigihan Sukseskan UNBK di MAM Watulimo

Kegigihan_Sukseskan_UNBK_di_MAM_Watulimo

Sudah seperti langganan setiap sekolah dan madrasah se-antero negeri ini jika mendekati pertengahan semester dua pasti kerepotan untuk mempersiapkan ujian nasional. Namun ada yang berbeda pada persiapaan ujian nasional di MAM Watulimo kali ini. Sekolah yang berada diatas sungai ini mulai "panik" menghadapi informasi persiapan UN jauh- jauh hari, bahkan sebelum akhir tahun 2016. Kepanikan ini bukan tanpa alasan, sebab UN 2017 seluruh sekolah madrasah Aliyah se-Kabupaten Trenggalek harus menyediakan fasilitas UNBK dengan layak. Sedangkan fasilitas MAM Watulimo belum sepenuhnya baik untuk menyelenggarakan UNBK mandiri pada saat itu. Sehingga seluruh elemen madrasah berfikir keras  mencari jalan keluar atas tantangan yang tengah dihadapi MAM watulimo.

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh seluruh jajaran pimpinan di MAM Watulimo menyatakan, bahwa berat jika harus menyelenggarakan UNBK mandiri. Sehingga melalui beragam kegiatan dan loby kesana kemari MAM mendapatkan izin tempat di MAN Trenggalek. Kepala madrasah, Mutoyo,S.Sos.,S.Pd yang sekaligus menjabat sebagai ketua pelaksana UN mempertimbangkan tawaran tersebut.  Masuk di awal tahun 2017 energi MAM Watulimo seakan terkuras untuk mempersiapkan UNBK, sedangkan tawaran dari MAN Trenggalek terpaksa tidak diterima dengan beberapa pertimbangan.

Persoalan serupa juga dihadapi oleh MTsM Watulimo. Sekolah yang “mepet” dengan MAM Watulimo tersebut juga berjibaku menghadapi keputusan, bahwa seluruh madrasah di Trenggalek harus ber-UNBK. Pertimbangan MTsM-pun lebih dominan pada persoalan infrastruktur, sehingga MTsM yang dipimpin oleh Drs.H. Warjito, S.Pd.,M.Pd.I, mengambil keputusan untuk menumpang di SMKM Watulimo. Namun setelah melalui pertimbangan dan rapat yang begitu alot akhirnya diputuskan bahwa MTsM lebih mengiginkan mandiri dengan melakukan Memorandum of Understanding (MOU) dengan MAM Watulimo dalam pengadaan perlengkapan UNBK.

Setelah waktu persiapan UNBK semakin mepet, MAM Watulimo segera mengambil keputusan untuk merenovasi seluruh aspek pendukung UNBK bersama MTsM Watulimo. Kedua pimpinan bertemu dan bersepakat untuk membuat lab komputer baru dengan standart UNBK. Meskipun sangat berani dan singkat, namun keputusan tersebut langsung direalisasikan dengan cepat. Seluruh pembiayaan hingga persiapan pendukung, secara "marathon" dipersiapkan oleh keduabelah pihak demi kemudahan pelayanan UN bagi siswa MAM dan MTsM Watulimo.

Melalui serangkaian koordinasi antara kepala MAM dan MTsM dengan “kilat” anggaran pengadaan lab UNBK-pun dapat terealisasi. Lab komputer yang sebelumnya kurang layak disulab menjadi lab berstandart UNBK. Fasilitas pelengkap seperti halnya, server, UPS, internet dan puluhan komputer disediakan. Alhasil jerih payah tersebut dapat berbuah manis dalam jangka waktu satu bulan. MAM Watulimo dengan percaya diri menggandeng MTsM mewujudkan impian perguruan Muhamamdiyah Kauman, Gemaharjo untuk menyelenggarakan UNBK mandiri.

Selama kegiatan UNBK berlangsung, tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh tim dan kepanitiaan. Pembiayaan yang sebelumnya dikhawatirkan akan menjadi pengahambat, akhirnya mampu ditepis dengan pembiayaan milik sekolah yang mencukupi. Akhirnya tanggal 2 Mei 2017 yang bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, pengumuman hasil UNBK dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan RI. Hari yang begitu istimewa bagi siswa dan segenap civitas akademik di MAM Watulimo. Perjuangan dan jerih payah demi menyeleggarakan UNBK secara mandiri  akhirnya terbayar lunas dengan keberhasilan siswa MAM Watulimo dalam menjalankan UNBK mandiri.

 (TAUFIK HAS)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.