Akhiri Bulan Ramadhan, Santriwan/wati Masjid Al-Falakh, Thukul Adakan Buka Puasa dan Takbiran Bersama
Akhiri Bulan Ramadhan, Santriwan/wati Masjid Al-Falakh, Thukul Adakan Buka Puasa dan Takbiran Bersama

Akhiri Bulan Ramadhan, Santriwan/wati Masjid Al-Falakh, Thukul Adakan Buka Puasa dan Takbiran Bersama

Akhiri_Bulan_Ramadhan_Santriwan/wati_Masjid_Al-Falakh, _Thukul_Adakan_Buka_Puasa_dan_Takbiran_Bersama

Bulan Ramadhan 1438 H memang telah meninggalkan kita sebagai umat muslim. Beragam kegiatan syiar agama silih berganti telah mengisi bulan yang penuh kemuliaan tersebut. Salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan ta’mir masjid Al-Falakh Tukul, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gemaharjo I pada Sabtu, 24 Juni 2017. Mereka mengadakan acara dalam rangka penutupan sekolah mengaji (TPQ) Ramadhan sekaligus penyambutan hari kemenangan Idul Fitri. Agenda tersebut, terlaksana atas inisiatif pengurus TPQ dan jama’ah Masjid Al-Falakh. Kegiatan yang melibatkan anak-anak balita hingga belasan tahun tersebut diisi dengan membaca Al-Qur’an, buka puasa serta ditutup dengan takbir-an bersama.
“Meskipun acara tersebut terlihat sangat sederhana, namun antusiasme dari para santriwan/wati sangat luar biasa. Walaupun mereka masih anak-anak MI dan TK tapi sejak sore hingga malam hari mereka terlihat masih semangat”, ujar kordinator acara, Ustadzah Yulfa Mardiana.

Anak- anak yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah peserta didik TPQ Al-Falakh yang kebanyakan masih sekolah di Madrasah Ibtidaiyah dan Taman Kanak-kanak. Buka puasa dan Takbir-an bersama yang dilaksanakan di masjid tersebut memang masih pertama kali diselenggarakan. Namun antusiasme yang ditunjukkan anak- anak sangat tinggi. Bahkan meskipun selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan mereka mengaji di masjid tersebut, tidak ada kata bosan bagi mereka. Selain itu berkat keuletan dan ketlatenan para pendamping santriwan/wati, semangat mereka untuk terus mengaji di Masjid Al-Falakh selama bulan Ramadhan terus mengalami kemajuan. Hal itu disampiakan Pujiman selaku Ketua ta’mir masjid “anak-anak terlihat sangat ceria  dan bersemangat sejak sore hari saya hitung yang hadir pada hari itu lebih dari duapuluhlimaan anak, mereka sangat semangat luar biasa keceriannya”.

Mulai pukul 15.30 WIB seperti biasanya anak-anak belajar membaca Al-Qur’an di masjid dengan khidmat dengan pendampingan dari Ustadzah Yulfa serta Pujiman. Setelah semua menyelesaikan setoran bacaannya dan masuk waktu berbuka puasa, mereka terlihat begitu tertib mengantri dan membagikan takjil kepada teman yang lainnya. Bahkan menurut Ustadzah Yulfa, anak-anak yang telah ia didik selama Bulan Ramadan di masjid PRM Gemaharjo I tersebut terlihat sudah sangat dewasa. “mereka seperti anak-anak yang sudah dewasa, membagikan kolak kepada teman-temannya pas waktu buka penuh dengan rasa kekeluargaan”.

Ketika Adzan Maghrib berkumandang, anak-anak segera minum kolak kemudian bergegas mengambil air wudhu serta menuju masjid untuk sholat sunnah takhiyyatul masjid dan dilanjutkan Sholat Maghrib berjama’ah dengan tertib. Acara pun dilanjutkan dengan buka puasa bersama pengurus dan ta’mir masjid Al-Falakh.

Rangkaian kegiatan selama Bulan Ramadhan itu pun ditutup dengan mengumandangkan seruan takbir bersama yang dipandu oleh Ustadzah Yulfa dan Adnan Rifa’i. Bahkan  anak-anak terlihat begitu riang mengikuti kumandang takbir, yang bagi sebagain dari mereka baru pertama kali mengikutinya, “harapan saya untuk tahun depan acara buka puasa dan takbir bersama yang melibatkan anak-anak tersebut tetap akan diadakan”, Ujar Pujiman.

Acara itupun selesai setelah sholat Isya’ berjamaah pada pukul 20.00 WIB. Anak- anak yang kebanyakan masih kecil- kecil dengan semringah, pulang dijemput orang tua mereka masing- masing. Bahkan sebagaian mereka masih mengumandangkan takbir di Masjid hingga larut malam.


(ADNAN RIFA’I- REMAS AL-FALAKH, GEMAHARJO)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.