Rapat Dinas MAM Watulimo Sempat Berlangsung Panas
Rapat Dinas MAM Watulimo Sempat Berlangsung Panas

Rapat Dinas MAM Watulimo Sempat Berlangsung Panas

Rapat_Dinas_MAM-Watulimo_Sempat_Berlangsung_Panas

Jumat, 14 Juli 2017, seluruh dewan guru dan karyawan MAM Watulimo mengadakan rapat persiapan tahun ajaran 2017-2018. Rapat tersebut dilaksanakan di gedung MAM Watulimo pada pukul 09.00 WIB ditengah cuaca yang kurang bersahabat karena hujan dan angin di wilayah Watulimo.

Mutoyo, S.Sos.,S.Pd selaku kepala madrasah memimpin jalannya rapat. Rapat kali ini merupakan agenda  yang selalu menjadi kegiatan wajib di MAM Watulimo. Apalagi menghadapi tahun ajaran baru ini, MAM Watulimo memerlukan banyak energi dan strategi guna mematangkan pengelolaan madrasah. "Madrasah ini perlu berbenah, apalagi kurikulum kedepan kita sudah harus merombaknya dengan imbuhan dan pengurangan" kata Mutoyo dalam sambutannya.

Dalam rapat kali ini Waka Kurikulum juga menyampaikan banyak hal terkait program kerja dan penataan pengajar dan mata pelajaran di semester ganjil kedepan. "Ini sebagian guru harus kami sesuaikan antara kebutuhan madrasah dan jam mengajarnya, jadi guru dan siswa harus siap-siap agar MAM Watulimo mampu mengembangkan mutu implementasi kurikulum K13 kedepan" ujar M Agus Salim, SAg selaku waka kurikulum.

Perlu diketahui tahun ajaran 2017-2018 atas Permendikbud RI Nomor 20, 21, 22, 23,24 Tahun 2016 dan kesepakatan bersama dengan KKM maka tahun ini kelas X dan XI MA se Trenggalek diharuskan memakai K13. MAM Watulimo-pun juga menaati peraturan tersebut.

Dalam rapat kali ini MAM Watulimo juga memutuskan untuk meniadakan mapel TIK di kelas X dan XI serta menggantinya dengan mapel lintas yaitu fisika. Selain itu kepanduan HW juga akan diintensifkan dengan pemberlakuan kurikulum yang baru tersebut.

Suasana rapat sempat riuh ketika pembagian jam mengajar. Sebab salahsatu dilema yang dihadapi oleh sekolah swasta dan guru yayasan yaitu ketika jam mengajarnya berbenturan dengan jam mengajar di sekolah lain. Sedangkan hal tersbut harus memerlukan pembagian waktu mengajar yang terkadang sulit disesuaikan dengan kebutuhan madrasah.

"Ini tidak bisa dibiarkan, jika guru-guru yang sadminkal di aliyah lalu tidak taat pada aturan madrasah maka kita perlu tinjau ulang, pak Agus punya kewenangan lebih untuk itu" usul Taufik Hidayat disela-sela rapat.

Selama ini auto kritik kepada MAM Watulimo memang kerap muncul di permukaan. Tujuannya adalah agar MAM Watulimo dapat dikelola secara baik dan profesional. Sebab bagaimanapun komitmen dan kemampuan guru adalah modal nomor satu demi terwujudnya MAM Watulimo yang berkualitas. "kita punya kewenangan lebih untuk menata madrasah ini dan mungkin kedepan harus diperjelas kembali tentang komitmen guru dalam mengajar di MAM watulimo agar tidak ruwet ketika membagi jam mengajar" imbuh kepala madrasah.

"Jika perlu aliyah harus menuju pada tahap profesional dalam peneriamaan guru dengan kontrak setiap tahun, sehingga berbagai hak dan kewajiaban yang harus dipenuhi sekolah dan guru dapat terakomodir dengan baik dan tidak tertatih-tatih ditengah jalan seperti yang sudah-sudah" komentar Taufik Hidayat saat rapat.

Rapat yang berlangsung selama dua jam lebih tersebut juga menghasilkan keputusan tentang pengelolaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) madrasah dengan memperkuat aliyahmu.com sekaligus menujuk Trigus Dodik Susilo sebagai pengelola SIM madrasah.

Rapat juga disepakati bersama tentang program tahfidz yang akan segera diperbarui teknis pelaksanaanya ditahun ajaran 2017-2018.

Rapat yang melibatkan pengurus IPM Ranting tersebut juga memutuskan jadwal serta rangkaian kegiatan Fortasi 2017."kami pengurus IPM sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan guna menghadapi fortasi, sebab panduan yang dari PD IPM telah kami pelajari dan kami tata sesuai karakter MAM Watulimo" Ujar Siska Fadilatul L selaku Ketua IPM MAM Watulimo.

Rapat tersebut akhirnya ditutup oleh kepala madrasah pada pukul 11.30 WIB. "Semoga hasil rapat kali ini dapat memberikan manfaat untuk madrasah kedepan, sekaligus aliyah harus berkembang dan itu diawali dari tekat dan perjuangan kita sebagai pendidik dan karyawan disini" ujar Mutoyo kepada aliyahmu media.


(ALIYAHMU MEDIA)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.