Kunjungan aliyahmu.com ke pwmu.co: Ziarah Berkemajuan Versi Muhammadiyah
Kunjungan aliyahmu.com ke pwmu.co: Ziarah Berkemajuan Versi Muhammadiyah

Kunjungan aliyahmu.com ke pwmu.co: Ziarah Berkemajuan Versi Muhammadiyah

Kunjungan_aliyahmu.com_ke pwmu.co:Ziarah_Berkemajuan_Versi_Muhammadiyah
Kamis, 23 Oktober 2017 kami memeroleh pesan whatsapp mengenai informasi seminar. Hal tersebut adalah pesan dari redaksi pwmu.co. Kami mendapat kesempatan untuk mengikuti seminar budaya yang diselenggarakan oleh redasi PWMu Jawa Timur. Informasi tersebut kemudian dibahas dalam internal redaksi aliyahmu.com.

Pimpinan redakasi aliyahmu.com selanjutnya menujuk saya untuk mengikuti seminar. Harapan kami mengikuti kegiatan ini selain untuk mengisi berita di aliyahmu.com namun juga untuk memperkenalakan bahwa MAM Watulimo memiliki siswa yang kreatif dan para guru yang hebat untuk mengembangkan dunia literasi. Kami sadar salahs atu upaya untuk mengenalakan madrasah kami adalah dengan media yang kami miliki ini. Aliyahmu.com harus menjadi lambang media madrasah yang up to date dan berkemajuan bagi sekolah.

Dalam Seminar Budaya yang digelar di Aula Mas Mansur Gedung PWM Jawa Timur (27/10/17). Materi yang kami peroleh dalam kegiatan tersebut meliputi pembahasan Museum Muhammadiyah dan beberapa diskusi  tentang redakasi PWMu. Rencana pendirian Museum Muhammadiyah diulas pada sesi pertama. Ulasan pada materi pertema meninggalkan kata berkesan yang sempat membuat otak saya berfikir tajam.

Selanjutnya saat Bapak Nadjib Hamid M.SI dari pimpinan wilayah Muhammadiyah Jatim angkat bicara mengenai Museum Muhammadiyah. Menurutnya hal tersebut rencananya didirikan di kompleks Universitas Ahmad Dahlam (UAD) Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, diatas tanah seluas 7.000 m².

Dalam pembicaraannya, beliau sempat menyelipkan kata "Ziarah Berkemajuan", sontak kalimat tersebut mengundang gelak tawa ratusan peserta yang hadir. Baginya jika masyarakat banyak yang mengartikan ziarah adalah berkunjung ke makam, maka lain halnya dengan Muhammadiyah. Berkunjung ke Museum Muhammadiyah, itulah yang dimaksud ziarah berkemajuan versi Muhammadiyah. Sebab dengan adanya museum akan muncul banyak manfaat. Manfaatnya antara lain, edukasi, rekreasi dan inspirasi, sehingga bukan suatu kunjungan yang berbau magis.

Dari dulu hingga sekarang, ziarah kebanyakan dipusatkan pada satu objek makam. Namun bagi Muhammadiyah "ziarah berkemajuan" ini dipusatkan pada berbagai objek, seperti,foto para founding father Muhammadiyah, furniture milik persayarikatan, dokumen, serta berbagai buku sejarah perjuangan Muhammadiyah yang dikemas dengan cara yang lebih modern agar tidak membosankan. Sehingga sama sekali bukan diartikan sebagai zirah ke makam KH.Ahmad Dalan, seperti yang dipikirkan oleh banyak orang. Karena pada dasarnya tujuan pendirian Museum ini adalah "Merawat dokumen-dokumen Muhammadiyah untuk dilestarikan" tutur beliau.


(ALIYAHMU MEDIA-SISKA FADHILATUL L)*
*Ketua IPM MAM Watulimo Periode 2017-2018

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.