MPK PDM Trenggalek: Begini Hasil Rakerwil MPK Jatim
MPK PDM Trenggalek: Begini Hasil Rakerwil MPK Jatim

MPK PDM Trenggalek: Begini Hasil Rakerwil MPK Jatim

MPK_PDM_Trenggalek:Begini_Hasil_Rakerwil_MPK_Jatim
Malang (14/04/2018) Keluarga besar Majelis Pendidikan Kader (MPK) PDM Trenggalek menjadi bagian dalam agenda Rakerwil Jawa Timur dan Rakernas MPK PP Muhammadiyah yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang. Agenda bertema “gerakan perkaderan untuk suksesi kepemimpinan” tersebut juga turut dihadiri tokoh nasional. Tokoh nasional yang juga menjadi pembicara dalam rangkaian acara tersebut diantaranya adalah menteri pendidikan, Prof Muhajir Efendi dan mantan wakil ketua MPR RI  Hajrianto Y Tohari.

Agenda tersebut merupakan acara Nasional yang sekaligus menjadi satu rangkaian dengan Rakerwil MPK Jawa Timur. MPK PDM Trenggalek mengirimkan lima delegasinya guna mengikuti Rakerwil sekaligus Rakernas MPK. Pelaksanaan Rakerwil MPK Jawa Timur langsung dipimpin oleh Dr.Latipun selaku ketua MPK Jawa Timur. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa perjalanan MPK periode ini memang dipacu agar peran MPK lebih mengena pada proses perbaikan perkaderan Muhammadiyah.

Rakerwil MPK Jawa Timur menitik beratkan pada koordinasi MPK se Jawa Timur. Disisi lain penggabungan Rakernas dengan Rakerwil pada bagian stadium general, diharapkan akan timbul kesan bahwa MPK Jawa Timur menjadi bagaian penting bagi perkaderan Muhmmadiyah nasional. Sedangkan ini juga menjadi pengalaman berharga bagi MPK PDM se Jawa Timur dengan belajar banyak dari MPK wilayah se Nusantara.

Disesi rakerwil Jawa Timur laporan yang disampiakan oleh perwakilan MPK PDM Trengalek terdiri dari evaluasi, progres dan rencana program kedepan. Dalam penyampaian laporan yang diwakili oleh Ahmad NK, PDM Tenggalek telah berhasil merampungkan agenda. Dianaranya adalah Baitul Arqam dan serangkaian agenda tingkat cabang. Selain itu latarbelakang AUM di wilayah Trenggalek yang masih perlu pendampingan maka diakhir bulan April 2018 MPK PDM Trenggalek juga akan menyelenggarakan kembalai Baitul Arqam karyawan AUM. Laporan tersebut langsung disampaikan dihadapan seluruh peserta Rakerwil Jawa Timur.

Selama ini MPK PDM Trenggalek, lebih menyertakan tenaga muda dari AMM dalam menggodok proses perkaderan. Melalui pelibatan AMM harapannya ntenaga dan kreativitas mereka lebih terbuka dan masih segar. Begitupun dengan delegasi yang dikirim dalam Rakerwil dan Rakernas kali ini, lima delegasi semua adalah anggota MPK yang juga tergabung di Angkatan Muda Muhammadiyah Trenggalek.

Kegitan tersebut kemudian menghasilkan beberapa rekomendasi bagi MPK se Jawa Timur. Yang diantaranya adalah perlunya kreativitas untuk menjaring komunitas untuk dikader dan diberdayakan sesuai dengan karakternya. Selain itu bentuk training selama pelatihan yang dijalankan MPK harus dirubah agar peserta lebih simpati terhadap pelatihan. Sebab sejak duapuluh tahun lalu bentuk pelatihan yang dijalankan MPK masih sama dan belum banyak ada perubahan. Maka moment Rakerwil ini menjadi tongak untuk membangun jaringan perkaderan Muhammadiyah se Jawa timur.

(ALIYAHMU MEDIA-MPK PDM TRENGGALEK)*
*Taufik Hidayat AS


Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.