Penghela Baru dari HW Jenderal Soedirman
Penghela Baru dari HW Jenderal Soedirman

Penghela Baru dari HW Jenderal Soedirman

Penghela_Baru_dari_HW_Jenderal_Soedirman
MAM Watulimo kembali melaksanakan agenda wajib, Masa Orientasi Penghela (MOP) Hizbul Wathan Qabilah Jenderal Soedirman 2018 di Lapangan MBS Gemaharjo. Kegiatan tersebut dibuka pada Jum'at 20 Juli 2018 oleh Waka kesiswaan MAM Watulimo. Sebagai kader Hizbul Wathan yang tergabung dalam Qabilah jenderal Soedirman peserta berjumlah 22 dengan mayoritas siswa kelas sepuluh.

Qabilah Jenderal Soedirman sudah kedua kali ini melaksanakan Masa Orientasi penghela HW. Kegiatan kepanduan tersebut diisi dengan materi kepanduan, delajah, penguatan karakter, survival serta kekompakan tim. Panitia menyiapkan segal hal guna menyiapkan agenda ini dengan dukungan penuh dari PR IPM MAM Watulimo. Agenda yang digabung dalam rangkaian Fortasi ini pun akhirnya dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Persiapan pembukaan panitia dan seluruh peserta dimulai Jum'at, pukul 08.00 WIB dengan langsung mendirikan tenda serta gladi upacara pembukaan. Event MOP tahun ini mayoritas peserta adalah siswa perempuan. Meskipun demikian, panitia tidak mengurangi porsi materi dan latihan, panitia tetap melaksanakan agenda sesuai SOP. MOP Qabilah Jenderal Soedirman tahun ini tema yang diangkat adalah peningkatan motivasi siswa dan kreativitas siswa. Bagi Siswa MAM Watulimo kretivitas dan motivasi adalah racikan totalitas untuk mengembangkan sekolah.

Saat pelaksanaan Sholat Jum'at, khatib juga menyampaikan pesan tentang keutamaan ibadah sosial dan individual ditengah kondisi ummat yang semakin individual. Pasca upacara pembukaan peserta langsung diberi materi PBB oleh KOSEGU Trenggalek dan dilanjut dengan materi pengembangan diri oleh IPM MAM Watulimo.

Ketahanan fisik dan mental peserta diuji saat malam tiba. Peserta berlatih melalui materi survival dari KOKAM PCPM Watulimo. Kegiatan ini menjadi penting ditengah ketidakpastian kondisi alam serta kegiatan lapangan yang memerlukan kesiapan diri guna bertahan hidup. Menjelang tengah malam ikatan alumni MAM Watulimo juga turut membantu memberi materi kekuatan karakter dan mental kepada para seluruh peserta. Hingga subuh menjelang melaksanakan sholat Subuh berjama'ah dan dilanjut kegiatan senam pagi.

Ketika materi tadhabur alam, seluruh peserta diajak untuk delajah mengenal lingkungan dan masyarajat sekitar bumi perkemahan. Dengan begitu peran mereka sebagai siswa sekaligus kader HW ditunjukkan  dengan jiwa sosisal dan solidaritas yang tinggi. Outbound menjadi materi penutup seluruh peserta, mereka ditantang agar dapat mampu menujukkan kinerja tim dan kekompakan yang baik.

Pukul 13.00 WIB upacara penutupan langsung dipimpin oleh Waka Kurikulum. Upacara juga sekaligus penyerahan hasdug Penghela kepada peserta yang lulus. Pelaksanaan MOP Qabilah Jenderal Soedirman 2018 berakhir dengan kesuksesan panitia selaku penyelenggara sekaligus bagi qabilah,  yang telah berhasil melahirkan genersi baru bagi perkaderan HW di MAM Watulimo.


(ALIYAHMU MEDIA-TIMRED)*
*Timred aliyahmu.com

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.