Kesenjangan Gender yang Tertukar
Kesenjangan Gender yang Tertukar

Kesenjangan Gender yang Tertukar

Kesenjangan_Gender_yang _Tertukar
Sudah kita ketahui bersama jika pada zaman dahulu,dimana penduduk pribumi masih terbelakang ditengah tengah kurungan penjajah.Terjadi deskriminasi yang begitu ketara bagi kaum perempuan.Yang pada nyatanya kaum laki laki bisa bersekolah,menuntut ilmu , serta berekspresi sesuai dengan keinginan atau kapabilitas yang mereka miliki.Entah dalam bidang sosial.budaya,ekonomi,ataupun politik.Sedangkan kaum perempuan masih terkekang oleh pemikiran kolot yang menyatakan jika petempuan cukup "manak,macak,masak" miris bukan?.Tetapi itulah fakta sejarah yang tak bIsa dibantah.

Hingga pada masanya kartini bersama para pejuang perempuan hadir sebagai pelopor kebangkitan kaum perempuan.Sebagai tonggak awal penghapusan deskriminasi dan kebebasan perempuan untuk berkarya.Dimana saat ini hasilnya dapat kita (kaum perempuan) nikmati.Muncullah perempuan perempuan hebat dengan segala potensi dan kapabilitasnya di berbagai aspek kehidupan.Bisa sukses menyetarai laki laki yang tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata.Tapi nyatanya saat ini nampak keenjangan antara kaum perempuan dan laki laki.

Lembaga pendidikan atau sekolah diharapkan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas dan bermartabat, secara merata tidak memandang gender. Namun saat ini malah menemui titik kesenjangan yang mengkhawatirkan. Bagaimana saya bisa menyatakan demikian? Karena saya adalah seorang pelajar yang secara langsung tentu sudah sangat akrab dengan berbagai fenomena sebagai objek pendukung benar adanya kesenjangan antara kaum perempuan dan laki laki saat ini. Contoh sederhana yang menunjukkan gelagat benar adanya kesenjangan tersebut,dapat dilihat dari kegiatan belajar mengajar .Sepertihalnya, ketika guru menjelaskan materi sebagian banyak memperhatikan, tetapi pengecualian untuk siswa laki laki yang nampak acuh atau masuk telinga kanan bocor ditelinga kiri. Bahkan bagi mereka "ndatok" (ngobrol) sambil bermain game Mobille Legend lebih menarik ketimbang penjelasan guru didepan kelas.

Nah, giliran ujian dilaksanakan hasil yang dituai menyedihkan. Begitupun juga dengan ranking kelas tiap tahunnya, nominasi 10 besar kebanyakan adalah perempuan. Meskipun nilai akademik bukanlah sebagai patokan keberhasilan masa depan. Tetapi setidaknya dari serangkaian kegiatan belajar-mengajar tersebut dapat membentuk jiwa menghargai, disiplin dan juga penambah wawasan dari segi umum maupun agama. Sebagai bekal menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks tiap harinya.Tidak hanya itu dari tingkat kedisiplinan dan ketertiban presentasi pencapaian kata baik masih dipegang oleh kaum perempuan.

Tidak terlalu mengkhawatirkan jika mereka (kaum laki laki) memiliki sesuatu atau skill yang bisa dijadikan investasi bagi masa depannya.Lalu bagaimana jika mereka yang notabene adalah calon generasi bangsa tidak memiliki center tersendiri akan bergelut dengan segala tantangan zaman nantinya.Sedangkan kini mereka (laki laki) nampak tengah di "nina bobokan" oleh kemajuan zaman terutama oleh bidang teknologi yang tidak terkontrol. Lebih mengutamakan kesenangan sendiri, tanpa berfikir fisioner. Atau menyelipkan kesadaran jika "saya ini laki-laki, maka akan menjadi calon pemimpin dalam sebuah keluarga", "saya ini laki-laki masak kalah sama perempuan", bukankah setidaknya seperti itu. Bahkan telinga-telinga mereka (kaum laki laki) pasti sudah akrab dengan berbagai keluhan keluhan yang menyatakan jika perempuan itu lebih mudah ditata ketimbang laki laki. Terlepas dari itu semua, sudah seharusnya muncul Ghiroh untuk fase perubahan bagi kaum laki laki, kearah lebih baik di era millineal ini. Terlebih untuk para laki-laki yang tengah berproses di tengah lembaga pendidikan untuk lebih serius dan sadar jika hal tersebut juga penting bagi kehidupan masa depannya. Sehingga anggapan kekhawatiran akan keberlangsungan eksistensi  kaum laki laki akan anjlok tergeserkan oleh segala peran kaum perempuan sedikit teratasi.




ALIYAHMU MEDIA-SISKA FADHILA*
*Pimred aliyahmu.com

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.