Sambut 1 Muharram di Perguruan Muhammadiyah Gelar Acara Ini
Sambut 1 Muharram di Perguruan Muhammadiyah Gelar Acara Ini

Sambut 1 Muharram di Perguruan Muhammadiyah Gelar Acara Ini

Sambut_1_Muharram_di_Perguruan_Muhammadiyah_Gelar_Acara_ini
Senin, 10 September 2018 Langit watulimo nampak sedang bersahabat. Tidak menjatuhkan rintiknya ataupun terik sang surya yang terlalu silau. Cukup bisa dibilang cerah menyejukkan, dapat menambah semangat siswa/i Perguruan Muhammadiyah Gemaharjo dari tingkat Athfal hingga Madrasah Aliyah dalam mengikuti kegiatan Gebyar Muharram pagi itu.

Gebyar Muharram adalah kegiatan dalam rangka memeringati tahun baru Islam. Kegiatan yang di prakarsai oleh Bpk.Warjito tersebut di laksanakan mulai pukul 07.00 sampai 12.00.Tentu kegiatan tersebut menjadi suatu hal yang baru bagi Perguruan Muhammadiyah Gemaharjo.

Nampak jejeran rapi siswa/i Perguruan Muhammadiyah Gemaharjo memenuhi halaman Masjid At-Taqwa. Terlihat diteras madrasah ibtidaiyah berdiri sosok laki-laki paruh baya namun masih nampak gagah dan kuat untuk memimpin pembukaan Gebyar Muharram, beliau adalah Bpk Warjito yang mengawali gebyar pgi itu dengan kuis pertanyaan seputar Tahun Hijriyah berhadiah gopek (selembar uang 5000). Hingga yang berhasil mendapatkan uang tersebut adalah siswa dari MAM Watulimo.

Kegiatan Gebyar Muharram 1440 H resmi dimulai dan seluruh siswa/i Perguruan Muhammadiyah berjalan beriringan (2-2) dengan rute Thukul - Njatuh- Pringapus - Mblimbing- Halaman sekolah. Sepanjang perjalanan siswa dan guru pendamping selalu dipenuhi oleh banyolan-banyolan ringan yang cukup ampuh menghilangkan dahaga dan lelah. Terlihat pula antusiasme warga sekitar dengan mem-video kegiatan tersebut. Walaupun dalam benak saya berpendapat "Hoallah ngono.e divideo, andak mik wong mlaju ki apane loo sing apik wkwkwk". Namun mungkin kegiatan perguruan Muhamamdiyah ini menjadi hiburan tersendiri bagi mereka.

Setelah kurang lebih 2,5 jam siswa/i kembali kesekolah dilanjut dengan kegiatan kreatif yang sudah ditentukan oleh masing masing madrasah Perguruan Muhammadiyah. Ada yang mengadakan cerdas cermat seputar Islam untuk tingkat seperti tsanawiyah dan MI serta seni Kaligrafi untuk Madrasah Aliyah.

"Menggambar Kaligrafi ini nantinya juga untuk mempersiapkan sekaligus mengetahui siapa yang bisa kaligrafi, untuk dipersiapkan di ajang Aksioma mendatang" ujar Bapak Darsono sambil memilih karya terbaik. Sekilas itulah tujuan mengapa Aliyah memilih menggambar kaligrafi sebagai kegiatan kreatif pilihan.

Meskipun kegiatan tersebut terkesan mendadak namun cukup berhasil dalam merekatkan hubungan siswa/i Perguruan Muhammadiyah. Serta menunjukkan jika kita sebagai umat Islam jangan melulu mengagungkan Tahun baru Masehi saja, dengan bermewah-mewah tanpa tau faedah.



ALIYAHMU MEDIA-SISKA FADHILA*
*Pimred aliyahmu.com

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.