Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba
Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba

Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba

Upaya_Penanggulangan_Penyalahgunaan_Narkoba
Berbagai upaya dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh. Media yang digunakan dalam melakukan sosialisasi pun beragam, mulai dari poster, pembelajaran dikelas hingga sosialisasi secara langsung kepada masyarakat. Dengan cara demikian pemerintah daerah diharapkan lebih mudah memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba sekaligus memberi edukasi terhadap konsumsi obat-obatan yang benar.

Saat ini peredaran narkoba sudah melalui banyak trik, walhasil banyak dari kalangan remaja dan pelajar yang sudah masuk pada gelapnya dunia narkotika. Selain itu Pemda dalam upaya tersebut juga memberikan wawasan tentang anti narkoba. Generasi muda saat ini adalah penerus bagi masa depan bangsa. Maka dari itu kita harus berupaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba disegala kalangan tak hanya pada kaum remaja saja.

Disisi lain banyaknya remaja yang terjerat kasus narkoba seakan membuka mata kita semua. Bahkan bukan tidak mungkin banyak narkoba yang masih beredar di Trenggalek ini. Itu semua tak bisa dipungkiri sebab beragam trik yang digunakan untuk mengedarkan narkoba dimasyarakat bermunculan. Bahkan terkadang si pemakai tidak menyadari bahwa yang dikonsumsinya adalah narkotika.

Penggunaan narkoba ini merugikan diri sendiri dan jelas merusak kehidupan masa depan seseorang. Selain melakukan sosialisasi, ada upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya membendung meluasnya peredaran narkoba, yaitu melalui operasi tumpas narkoba. Banyak diantara mereka yang terjaring dalam operasi tersebut menggunakan obat obatan terlarang dengan beragam alasan mulai dengan alasan untuk obat hingga hanya sebagai pil penyemangat.

Bagi pengguna obat-obatan terlarang dan pengedar hukumannya tidak main- main. Mereka data terkena ancaman bui, berdasarkan peraturan menteri kesehatan tentang penyebaran obat-obatan terlarang secara bebas tanpa resep dari dokter. Dari semua hal tersebut kita harus jeli dalam memilah setiap barang apa yang diberi orang lain kepada kita agar kita bisa terhindar dari bahaya penggunaan narkoba.



ALIYAHMU MEDIA-ADELIA*
*Siswa Kelas X IPS MAM Watulimo

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.