Sempat Terjadi Kericuhan Menjelang Pembukaan Muktamar, Kenapa?
Sempat Terjadi Kericuhan Menjelang Pembukaan Muktamar, Kenapa?

Sempat Terjadi Kericuhan Menjelang Pembukaan Muktamar, Kenapa?

Sempat_Terjadi_Kericuhan_Menjelang_Pembukaan_Muktamar,_Kenapa?
Jogjakarta, 25/11. Sebagian peserta pembukaan Muktamar PP Pemuda Muhammadiyah XVII tak diizinkan masuk arena UMY. Sempat terjadi kericuhan peserta di gerbang kampus UMY dan didalam auditorium tempat penyelengaraan pembukaan muktamar.

Pihak keamanan yang terdiri dari Paspampres, TNI, kepolisian dan KOKAM mencegah peserta muktamar yang tidak mengenakan ID Card masuk ke dalam lingkungan kampus UMY. Pihak keamanan berdalih ini merupakan SOP protokoler Wapres. Sebenarnya hal tersebut sudah diantisipasi oleh panitia dengan menyediakan 6000 ID Card yang dibagikan ke seluruh PDPM se Indonesia, agar anggota mereka bisa masuk ke arena penyelenggaraan muktamar. Namum karena muktamar kali beriringan pada tahun politik serta dibarengi dengan kasus PP Pemuda Muhammadiyah-Kemenpora, sehingga menjadi "hangat". Akibatnya Muktamar menjadi magnet bagi ribuan kader pemuda Muhammadiyah se Nusantara untuk menyaksikan pembukaan sekaligus memberi suntikan moril bagi rekan-rekan PP Pemuda Muhammadiyah.

Saat dihubungi via WhatsApp Dahnil Ahzar, selaku Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah menyesalkan pembatasan peserta ini. Ia berpesan kepada peserta yang tidak bisa masuk areal UMY agar tetap bersikap tenang dan tidak melakukan-tindakan yang tidak mencerminkan pemuda Muhammadiyah.

Bahkan saat acara pembukaan akan dimulai keributan kembali terjadi di depan auditorium. Peserta yang sudah berada didalam arena pembukaan muktamar tidak terima dengan aturan yang begitu preventif dari pihak keamanan kepada rekan-rekannya yang masih berasa di luar gedung. Pihak keamanan melarang peserta membawa tas dan kamera handpone kedalam arena pembukaan. Hal inilah yang kemudian menjadi pemicu kericuhan didepan auditorium pembukaan.


Namun kericuhan tersebut hanya bersifat orasi dan teriakan-teriakan dari para peserta kepada rekan-rekannya yang ada didalam auditorium agar mereka segera keluar. Tak lama berselang Dahnil Ahzar Simanjuntak keluar dan memberikan pernyataan serta pengertian kepada peserta yang masih diluar.

"Jangan sampai membuat kericuhan yang merugikan kita, ingat pemuda Muhammadiyah bukan penjahat dan jika kalian yang diluar serta memiliki ID namun tidak diperbolehkan masuk, maka muktamar akan saya buka di emperan ini" ujar Dahnil sambil mengajak seluruh peserta duduk di emperan auditorium UMY.

Sontak ucapan ini disambut riuh gembira para muktamirin dan dipimpin Dahnil seluruh peserta melafalkan takbir dan menyanyikan mars Pemuda Muhammadiyah bersama-sama.

Agenda pembukaan muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII di UMY, 26/11 memang dijadwalkan akan dihadiri oleh Wakil Presiden, Bapak Jusuf Kalla. Hal itulah yang menjadikan proses keamanan dilokasi muktamar begitu ketat dengan puluhan tank polisi dan TNI didalam kampus UMY.

Tentu dengan kebijakan pembatasan akses masuk ke Kampus UMY membuat banyak peserta muktamar yang ingin menyaksikan pembukaan kecewa. Sebab banyak diantara mereka yang datang jauh, seperti dari Papua, Sulawesi dan wilayah Indonesia lainnya mesti terhalang karena ketatnya penjagaan.

Namun demikian selama acara pembukaan berlangsung suasana berjalan kondusif dan sebagian peserta yang tidak diperbolehkan masuk area UMY tetap mengikuti aturan kemanan yang telah disepakati panitia dan pihak keamanan dengan tertib.



(ALIYAHMU MEDIA-SEKRETARIS PCPCM)*
*PCPM Watulimo Peiode 2017-2021

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.