Soal HOTS Standart PISA Muncul lagi di UNBK 2019?
Soal HOTS Standart PISA Muncul lagi di UNBK 2019?

Soal HOTS Standart PISA Muncul lagi di UNBK 2019?

Soal_HOTS_dengan_Standart_PISA_Muncul_lagi_di_UNBK_2019?
Saat ini dunia pendidikan Indonesia berupaya untuk mengejar ketertinggalannya dalam berbagai bidang. Baik secara insfrastruktur, kurikulum hingga meteri pengajaran yang akan terus disesuaikan dengan standart Internasional.

Ujian Nasional Tahun 2018 adalah titik balik perkembangan pendidikan di Indonesia. Ketika itu soal-soal yang diujikan kepada siswa sebagian menggunakan soal standart PISA (Programme for International Student Assessment) dengan klasifikasi soal berbasis HOST (Higher Order Thinkings Skills).

PISA adalah standrat belajar internasional yang menilai peserta didik secara holistic. Yang mencakup literasi membaca, matematika dan sains peserta didik berusia 15 tahun keatas. Saat ini pusat pengembangan PISA berada dibawah OECD  (Organisation for Economic Cooperation and Development) yang berkedudukan di Paris, Perancis.  Desain danimplementasi studi berada dalam tanggung jawab konsorsium internasional yang beranggotakan  Educational Testing Service (ETS),  the Australian Council for Educational Research (ACER), the Netherlands National Institute for Educational Measurement (Citogroep), the National Institute for Educational Policy Research in Japan (NIER),  dan  WESTAT United States.

Melalui model soal baru ini ada upaya yang begitu massif dari pemerinah agar peserta didik di Indonesia dapat bersaing di dunia global. Kemampuan analisa yang luas, pengamatan yang detail dan penalaran yang logis menjadi titik tumpu soal-soal dari PISA.

Instrumen ini digunakan untuk melihat pemahaman, menggunakan (terapan dari teks) serta merefleksikannya. PISA lebih fokus pada proses membaca untuk belajar dan bukan belajar untuk membaca, oleh karena itu tes PISA tidak menguji kemampuan membaca tingkat dasar, namun menguji siswa dalam analisa dari teks yang disajikan.

Selama ini aspek yang menjadi masalah bagi siswa dalam menyelesaiakan teks literasi adalah:

a)  Aspek  mengakses dan mengambil informasi, kesulitan siswa ketika harus menyesuaikan jumlah pencarian informasi yang harus ditemukan dari soal yang disediakan dengan jumlah kesimpulan  yang akan  dibuat, serta menemukan sejumlah informasi penting yang rumit dan mempunyai struktur kalimat yang begitu panjang.

b) Aspek  mengintegrasi dan menginterpretasi, kesulitan dipengaruhi oleh jenis interpretasi yang dibutuhkan misalnya, membuat perbandingan yang lebih mudah daripada menemukan kontras bda bacaan. Begitupun dengan jumlah penggalan informasi yang harus diperhatikan sesuai dengan aturan bahasa/aturan penulisan, serta perbandingan informasi dalam teks. terkadang sifat teks yang kurang familiar dan konten yang abstrak bagi siswa menyebabkan butir soal bertambah semakin sukar.

c)  Aspek merefleksi dan mengevaluasi, tingkat kesulitan dipengaruhi oleh jenis evaluasi yang diperlukan dari soal yang paling mudah ke yang lebih sulit. Butir soal akan bertambah sulit bila peserta didik harus menggambarkan pengetahuan dari yang bersifat khusus daripada pengetahuan yang bersifat luas dan umum. Kebiasaan memaksakan memahami materi yang banyak tanpa mendalaminya menjadi masalah yang cukup serius bagi siswa di Indonesia.

Sehingga saat ini pemerintah melalui Kemendikbud mulai melatih siswa dan pengajar untuk mengaplikasikan soal HOTS (Higher Order Thinkings Skills)/Soal dengan pemikiran tingkat tinggi. Sebab setiap tahun soal dengan karakter HOTS kuantitasnya akan ditingkatkan dalam Ujian Nasional atau UNBK.

Sehingga dengan demikian diharapkan ada kesiapan dari guru dan siswa untuk mengenal tipe soal-soal HOTS, kemudian secara perlahan akan menjadi tipologi soal-soal nasional dimasa mendatang.

Maka bagi kalian yang telah mempersiapkan diri menghadapi persaingan global segeralah untuk mulai mengasah kemampuan dengan semaksimal mungkin. Sebab masa depan kalian ada di otak kalian masing-masing.


(ALIYAHMU MEDIA-PIMRED)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.