Tikus Berdasi yang Gila Materi
Tikus Berdasi yang Gila Materi

Tikus Berdasi yang Gila Materi

Tikus_Berdasi_yang_Gila_Materi
Korupsi?
Apa yang kalian ketahui tentang korupsi?
Tidak punya otak, nggragas(rakus), setan, sampah, perusak moral. Pasti salah satu spekulasi itu dapat mewakili pemikiran anda tentang korupsi. Saya sebenarnya juga kurang tahu menau tentang korupsi, tetapi saya yakin mereka melakukan korupsi itu bukan karena kurangnya gaji yang mereka miliki, tetapi karena mereka kurang bersyukur dari apa yang dia peroleh saat ini. Saya sangat heran dengan pihak-pihak negara yang tidak punya akal untuk memikirkan bagimana nasib bangsa terutama kaum bawah jika mereka semua melakukan korupsi. "Kaum atas akan semakin kaya, kaum bawah akan semakin menderita, kalian pasti pernah mendengar kalimat itu dan itu mungkin saja benar, beberapa tahun mendatang negara kita pasti akan mengalami banyak kemunduran dalam bidang apapun, aset negara mungkin saja terjual sedikit demi sedikit dalam waktu yang relatif singkat.

Apalagi jika "Tikus berdasi" (koruptor) itu di biarkan, negara kita pasti akan kacau balau. Bagaimana negara ini mau maju apabila orang-orangnya saja seperti itu. Saya heran padahal rata-rata orang yang melakukan korupsi itu adalah pejabat atau bagian pemerintah yang memiliki pendidikan yang tinggi dan gaji puluhan bahkan ratusan juta. Pasti mereka semua (koruptor) juga pernah belajar tentang Pelajaran PKn yang di dalamnya membahas tentang tindakan korupsi dan hukum pidana yang dapat menjerat pelaku korupsi. Dimana penerapan dari hasil mereka belajar pada saat itu?? Seharusnya mereka berfikir apa yang akan terjadi jika mereka melakukan korupsi. Mungkin saja mereka saat pembelajaran yang membahas tentang tindakan korupsi mereka lebih memilih tidur atau bahkan pergi ke warung kopi??

Pasti kalian pernah mendengar kata "KORUPSI BERJAMAAH" kan?? Itu adalah salah satu hal menggelitik yang pernah saya dengar. Bertolak belakang degan janji-janji yang mereka buta bahwa di masa pemerintahannya tidak akan ada banyak pelaku korupsi dan yang melakukan korupsi akan di hukum seberat-beratnya. Namun nyatanya hanya omong kosong, miris bukan?

Anggaran ratusan juta bahkan trilyunan yang dapat memajukan negara ini justru mereka alihkan ke oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan penegak hukum yang mestinya menjadi bagian pemberantasan korupsi saja lalai dan melakukan korupsi atau bahkan mereka membebaskan para pelaku korupsi hanya dengan iming-imingan sejumlah uang. Saya rasa hukum di Indonesia ini kurang mempuni untuk membuat jera para pelaku korupsi, hukuman gantung atau mungkin hukuman mati cukup mampu membuat mereka jera. Tapi jika di negara kita menerapkan hukuman tersebut pasti banyak sekali alasan yang menghalanginya, misal "kita ini bukan negara yang dapat menerapkan hukuman tersebut" ataupun alasan-alasan yang lainnya. Jika kita ingin mengeluarkan pelaku korupsi dari negeri ini pasti hanya akan menjadi sampah masyarakat di negara lain dan itu saya rasa hanya percuma saja.

Katanya negara hukum??  Kenapa hukuman bagi pelanggar hukum kok malah mlempem. Seharusnya sanksi-sanksi yang di berikan kepada pelaku korupsi juga setimpal dengan apa yang di lakukannya. Bukan malah "Tumpul keatas, lancip ke bawah". Korupsi itu haram dan menjijikkan, pasti mereka juga tau tentang hal tersebut, dalam agama mereka juga pasti sudah di jelaskan bukan?

Negara kita ini jika di pikir-pikir sangatlah miris, orang-orangnya saja rata-rata berpemikiran yang rendah bukannya mau menghina tetapi anak kecil saja tau tentang hukum mengambil barang yang bukan milik sendiri tanpa seizin pemiliknya adalah dosa. Asal kalian tau saja negara kita ini adalah salah satu negara dengan tindakan korupsi terbesar, apakah kalian tidak ingin menghilangkan cap buruk negara kita ini??

Sekarang tidak hanya oknum pemerintahan di kota-kota besar saja yang melakukan korupsi, tetapi di desa-desa sudah banyak pegawai negeri yang melakukan tindakan korupsi atapun pembelokan anggaran dana perbaikan desa. Hanya saja belum di usut secara detail karena kurangnya perhatian dari kepala pemerintahan desa atau bahkan pemerintah desa tau menau soal pembelokan anggaran perbaikan desa tersebut, mungkin saja juga ikut campur soal itu tetapi pura-pura tidak mengetahuinya.

Jika dipikir-pikir pantas saja negara ini mempunya banyak sekali hutang dan minimnya infrastruktur yang memadai, banyak juga gelandangan-gelandangan yang berada di tepi-tepi jalan perkotaan. Seandainya jika tidak ada korupsi pasti anggaran dana akan terbagi secara merata kepada seluruh rakyat. Korupsi sekarang di anggap sebagai hal yang wajar di negara ini sehingga masyarakat rata-rata tidak peduli akan hal ini.

Saya khawatir tetang nasib bangsa saat ini apalagi beberapa tahun mendatang yang sudah pasti sangat memprihatinkan. Pemerintahannya saja jika di lihat-lihat tahun-ketahun mengalami kemunduran ,jika para pegawai pemerintahannya tidak di seleksi secara detail sebelum pemilihan anggota pemerintahan baru pasti negara ini akan mengalami kemunduran yang sangat pesat. Akibat lainnya adalah kasus korupsi yang timbul di tengah-tengah masyarakat juga akan bertambah.

Saya masih kesal dan berkeyakinan sesungguhnya para pelaku korupsi itu sangatlah licik, mereka bebas mengambil uang rakyat dan dapat menikmatinya dengan sepuas-puasnya tanpa ada rasa bersalah sedikitpun. Mereka tidak berfikir bahwa kaum bawah saja harus berjuang mati-matian untuk mendapatkan uang agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya sedangkan mereka bebas pungut dan ambil uang yang mestinya hak rakyat.

Korupsi sebenarnya termasuk salah satu tindakan pidana, tetapi kenapa para pelaku korupsi tidak pernah takut akan hal itu, dan sekarang bahkan semakin menjadi-jadi, miris memang jika di bandingkan dengan negara-negara maju yang minim korupsi. Hal tersebut dapat terjadi karena integritas di negara yang maju sangatlah baik, jadi orang-orangnya saja mampu memanfaatkan apa yang ada di alam dan menciptakan suatu teknologi tanpa mengambil hak milik orang lain. Saya teringat akan salah satu ucapan Gusdur yang mengatakan

"Negara ini paling kaya di dunia, tapi sekarang negeri ini menjadi melarat karena para koruptor tidak ditindak dengan tegas". Dan pernyataan itu memanglah sangat benar, jadi kaula muda marilah kita rubah negara ini menjadi negara anti korups.

GENERASI MUDA HARUS MEMBAWA PERUBAHAN BAGI BANGSA AGAR LEBIH BAIK LAGI!!

(ALIYAHMU MEDIA-DWI ROHMA)*
*Siswa MAM Watulimo X/Juara 3 kompetisi Esay se eks Karesidenan Kediri

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.