Fortasi MTsM Watulimo Bikin "Enjoy"
Fortasi MTsM Watulimo Bikin "Enjoy"

Fortasi MTsM Watulimo Bikin "Enjoy"

Fortasi adalah sebuah pengenalan, baik di lingkungan sekolah maupun di dengan baru. MTsM Watulimo melaksanakan Fortasi 2019 sebagai upaya untuk saling bertukar identitas diri antara teman yang baru saja masuk di MTs dengan kakak-kakaknya. Kamipun melakukan wawancara dengan Drs.Nyono, beliau guru sekaligus Waka Kurikulum MTsM Watulimo pada periode ini.

Menurut Bapak Nyono, Fortasi merupakan hal biasa yang dilakukan setiap tahunnya.

"kebetulan hal itu kegiatan yang sangat bagus sebelum mengenal lebih lanjut pelajaran di sekolah, maka yang namanya siswa baru itu harus senang dengan berada disekolah barunya, baik itu yang melaksanakan MTS/SMP/SMA/SMK" ujar Waka kurikulum MTsM Watulimo.

Fortasi merupakan progam tahunan yang memang dianjurkan oleh pemerintah di lingkungan pendidikan. Hal tersebut agar ada forum untuk mengenal lingkungan sekolah sebelum pelajaran dimulai. Tempat pelaksanaan fortasi  pada umumnya di lingkungan sekolah, baik di dalam kelas maupun di luar ruangan.

Pelaksanaan Fortasi dilakukan oleh panitia sedangkan penyampai materi oleh  guru MTsM Watulimo maupun guru lain, di samping itu juga dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) baik tingkat Cabang maupun daerah yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan fortasi tahun ini.
Fortasi_MTsM_Watulimo_Bikin_"Enjoy"

Saat kami tanya tentang materi, beliau menuturkan bahwa materi disesuakan dengan maksud dan tujuan yang telah diberikan dari tingkat atas (PW IPM Jawa Timur dan Dikdasmen).

"kita mengaturnya materi yang ada harus terdiri dari segi pengenalan lingkungan, pengenalan dengan teman, pengenalan fasilitas-fasilitas sekolah, kegiatan exstrakulikuler dan kegiatan keagamaan" imbuh bapak dua putra tersebut.

Secara umum dilembaga pendidikan Muhammadiyah, jumlah anak yang mengikuti fortasi tidak terbatas, tergantung jumlah siswa baru di sekolah. Fortasi biasanya di laksanakan selama 3 hari, menurutnya kondisi anak-anak yang di fortasi sangat enjoy, senang, dan menikmati. Memang kebetulan fortasi itu dibuat agar siswa baru tidak canggung dan tegang dengan situasi dan kondisi di sekolah. Penanggung jawab fortasi di MTsM Watulimo ini selain oleh kepala sekolah, IPM juga turut terselenggaranya fortasi ini.



(ALIYAHMU MEDIA-ANIS TW-MF NIZAM-DIAN ETIKA PW)*
*Mereka adalah siswa baru MAM Watulimo tahun 2019 dan mendapatkan tugas wawancara serta mengolah berita untuk aliyahmu media

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.