Cerita diibalik KSM 2019
Cerita diibalik KSM 2019

Cerita diibalik KSM 2019

Cerita_diibalik_Cerianya_KSM_2019
Sabtu 20 Juli 2019, Sebuah persembahan besar untuk sebuah ajang kompetisi sains tingkat MA tingkat kabupaten/kota telah dilaksanakan. Berlokasi di MAN 1 Trenggalek seluruh MA se kabupaten keripik ini mengirim kontingen terbaiknya.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diadakan dengan maksud menjaring anak didik yang berprestasi dan nantinya akan mewakili di tingkat jenjang selanjutnya (provinsi masing-masing). Sangat luar biasa memang. Kegiatan yang terlaksana kurang lebih satu hari penuh ini begitu memberikan kesan yang mendalam di hati para peserta maupun para panitia perlombaan.

Semua rekan dan peserta dari berbagai sekolah di Kabupaten Trenggalek bersaing secara kompetitif. Lontaran semangat yang diberikan dari guru atau pembina peserta mampu membawa mereka bergairah dalam berjuang dalam kompetisi besar ini.
Suasana KSM Berbasis Komputer 2019//Foto Tim KSM MAM
Ajang Kompetisi Sains Madrasah tahun 2019 in berbeda dari tahun yang sebelumnya. Di tahun ini bukan hanya dikhususkan bagi Madrasah Aliyah (MA) saja, namun juga tingkat SMA. Selain itu kalau tahun lalu dengan media kertas, sekarang lebih canggih lagi dengan sistem komputer. Karena masih pertama, hal ini membuat kebingungan peserta lainnya, ada yang tidak bisa login, tidak bisa logout, bahkan ada yang keliru pilih mata pelajaran. Dibalik itu juga ada tanya besar di pikiran peserta yang bingung kenapa soal disunguhnya bercampur dari berbagai mata pelajaran yang dilombakan. Jelas sangat bingung dan heran karena soal yang dihadapi tidak sepenuhnya murni dari mata pelajaran yang mereka tempuh. Kebanyakan mereka lebih setuju kalau pakai kertas saja model ujiannya yang minim dengan resiko yang tak diduga.

Disamping itu KSM yang diadakan mengambil 6 mata pelajaran yang diperlombakan. Keenam dari mata pelajaran tersebut diataranya Matematika Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, dan Ekonomi Terintegrasi. Peserta yang mengikuti ajang ini adalah yang telah ditunjuk dan diberi amanah oleh pihak sekolah masing-masing untuk mewakili sekolahnya.

Sistem kejuaraan yang diambil adalah juara 1, 2, 3 yang nantinya akan diberikan amanah mewakili Kabupaten Trenggalek di tingkat provinsi. Jika tahun lalu MAM Watulimo ada 2 anak yang bisa lolos, tahun ini belum bisa membawa pulang hasil juara. Hilang dua bukan berarti tidak bisa menumbuhkan benih-benih penerus selanjutnya. Untuk yang masih punya kesempatan lagi mengikuti tahun depan, KSM tahun ini mungkin bisa dijadikan pembelajaran agar lebih baik kedepannya.


(ALIYAHMU MEDIA-FIDHALIN)*
*Pimred aliyahmu.com

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.