-->
Suara Siswa MAM Watulimo saat Daring (part 1)
Suara Siswa MAM Watulimo saat Daring (part 1)

Suara Siswa MAM Watulimo saat Daring (part 1)

Kembali lagi bersama kami mimin nya aliyahmu.com. Saat pandemi seperti ini kami yang sekolah madrasah belum bisa masuk tatap muka. Namun banyak hal yang dilakukan siswa MAM Watulimo saat belajar dari rumah. Mereka pasti mengerjakan tugas meskipun ya agak jenuh dan membosankan katanya.

Kali ini mimin akan mempublish hasil karya siswa MAM Watulimo kelas 12 saat membuat tulisan yang dikirim ke mimin dan redaksi aliyahmu media. Yuk langsung aja, menurut mereka gimana ya menyikapi situasi saat ini: 

1. YESTIANA

Cara belajar terbaik ya kesadaran masing2 , karna pandemi seperti ini menyebabkan sekolah masih belum boleh masuk sepeerti semula , kembali ke diri kita kalo kita sadar bahwa belajar adalah kebutuhan kita ya kita tetap belajar meskipun itu dirumah, tapi dengan penuh harapan semoga pandemi cepat berlalu dan kita bisa merasakan sekolah lagi.


2. DWI ROHMATUS SA'ADAH

Pembelajaran di era pandemi seperti ini harusnya melihat dari segala sisi..baik dari siswa itu sendiri maupun infrastruktur yang di miliki oleh sekolah...jika infrastruktur di sekolah memadai untuk melakukan pembelajaran LURING (luar jaringan) dengan mempertimbangkan keamanan siswa siswi dari terpaparnya covid-19 ini maka sekolah dapat melakukan pembelajaran tersebut,tentunya di barengi dengan segala macam peraturan guna mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh WHO. Pembelajaran secera tatap muka atau luring juga bisa dilaksanakan dengan sistem sift,sehingga tidak terlalu banyak membuat kerumunan

Jika sistem pembelajaran ingin di lakukan secara daring maka sekolah juga harus sedikit membantu keberlangsungan sistem daring tersebut,seperti membantu dalam paket data siswa yang kurang mampu,karena takutnya jika sistem pembelajaran di lakukan secara daring terus menerus dapat memberatkan orang tua siswa apalagi perekonomian di era pandemi pun berkurang drastis,,karena  sepertinya pun pemerintah juga menyediakan bantuan untuk siswa kurang mampu dalam proses pembelajaran ini,jadi sekolahpun juga harus mengusahakan..

Jika di timbang memang pembelajaran dengan dua metode tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan masing²,jadi sekolah juga harus lebih bijak.


3. ROSITA SEPTIANA LESTARI

Setelah lama belajar daring karena munculnya virus Covid-19 ini, selama beberapa bulan demi memutuskan rantai penularan Virus Covid-19 tak sedikit yang merasa bosan, capek, lelah dsb. Karena banyaknya tugas dan pekerjaan. Namun, saya menyadari dan mengerti bahwa ini adalah hal terbaik yang dapat dilakukan guna pencegahan penularan Covid-19.Saya sadar bahwa ada harapan yang harus dipelihara untuk kebaikan bersama. Harapan saya Indonesia membaik dan bersih, supaya kami dapat belajar seperti sedia kala. Karena belajar jika tidak menghadap guru secara langsung kami tidak mengerti sebab tidak ada penjelasan. Indonesia harus hidup bersih supaya aman dan terhindar dari Virus Covid-19.


4. HARIANTIN AMIROTUR RASYIDA

Menurut saya pembelajaran pada masa covid dilakukan daring tapi tidak setiap hari karena murid bisa bosen dan masalah paketan . Alangkah baiknya setiap 1 Minggu masuk 3 / 4 kali agar murid tidak bosan dg daring dan lebih terasah ilmunya dikala dijelaskan oleh gurunya dan banyak teman agar lebih giat belajar.


5. CHARISMA SEFIA DEWI

Jika kita melakukan daring terus menerus proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan stabil,karena kadang guru yang memberi kan materi tidak sepenuhnya menjelaskan dengan detail materi yang harus dipelajari.Dan hal yang menghambat proses daring adalah tidak adanya fasilitas yang memadai seperti kuota dll,jadi saya sarankan untuk sekolah mengajukan kuota gratis bagi anak anak,agar tidak terlalu terbebani.


6. BINTI NI'MATUS SHOLIHAH

Selama belajar dimasa pandemi covid19 harapan saya agar semua guru memberikan penjelasan tentang materi yang ada dibuku melalui vidio atau yang lainnya dan tidak hanya diberi tugas saja, dan pada akhirnya siswa kurang paham akan materi yang ada di buku tersebut.


7. ADELYA ELYZA AGISTA

Agar memudahkan pembelajaran alangkah lebih baik jika para guru memberikan penjabaran materi melalui video maupun media lainnya yang bersifat online.Supaya siswa-siswi dapat lebih memahami tentang materi yang ada di buku.Bukan hanya memberikan tugas tanpa ada penjelasan materinya.


8. RINDI AMELYNA ARRUM SOFIATIN

Cara Pembelajaran Daring TIK buat Kelas 12 Sebenarnya bisa Diberi Materi atau Soal Pembelajaran Online Lalu Siswa Disuruh Mengerjakannya melalui Online Dikerjakan Di buku Tugas atau Buku Tulis Lalu Setiap Hari Kamis Dikumpulkan disekolah ketika ada jam pembelajaran tatap muka,Jika Praktek Menggunakan Komputer Kurang Menentu Dikarenakan Jika Nantinya Harus Jaga Jarak Setiap 1 Anak memegang 1 komputer Pastinya, Dan Jika Dibuat 2 Sesi Memungkinkan itu pasti mungkin,Akan Tetapi Mencegah Adanya Penularan Covid 19 Jika Dibuat 2 Sesi jam pembelajaran Kan Komputer Akan Tersentuh Oleh Siswa Lain.


9. MEISA GILI RAHMAWATI

Dalam pembelajaran daring seperti ini pemberian tugas memang cara yg cukup efektif karna siswa akan benar-benar belajar nmun dg cara ini bisa dikatakan bahwa siswa bukan mengejar ilmu melainkan mengerjar deadline kpan pengumpulan tugas saat tatap muka nanti. Harapannya para guru tidak terlalu sering memberikan tugas yg bnyak kepada siswa.


10. KHOIRUN NISA

Menurut saya, daring ini tidak terlalu efektif bagi pelajar MA/SMA/SMK. Apalagi untuk siswa yang sekarang sudah menginjak kelas 12, dikhawatirkan nanti waktu Ujian belum mampu memahami soal yang diberikan.


11. INGGAR ILFA KUSUMA

Setelah lama sekolah dari rumah(daring) saya sudah merasa bosan, untung saja mulai minggu depan kegiatan tatap muka(luring)  sudah di lakukan seminggu 3 kali, dengan kegiatan luring ini saya bisa memahami pelajaran dengan baik, semoga wabah covid 19 segera berakhir dan kita sebagai pelajar bisa belajar di sekolah lagi dengan tenang.


12. ZUHROTUN NI MAH

Pada masa pandemi ini mengharuskan para siswa belajar daring. Bosan? Tentu saja, karna yang tiap hari bertatap muka saling sapa dengan teman-temanya harus belajar dirumah yang mengharuskan mereka aktif untuk mencari materi sendiri jika tidak bisa memahami apa yang terdapat di lembar kerja siswa. Sebenarnya banyak yang menjadi hambatan bagi siswa untuk melakukan belajar online, misalkan jikalau siswa tidak memiliki cukup uang untuk membeli paket internet maka akan terkendala dalam pembelajaran tidak hanya itu tanpa dijelaskan langsung oleh guru detailnya materi tersebut sebagian siswa tidak dapat memahami dari materi tsb. Harapan dari saya dimasa pandemi ini diadakan tatap muka walaupun waktunya terbatas namun cukup untuk berinteraksi langsung antara guru dan siswa.



MIMIN ALIYAHMU MEDIA

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Aliyahmu.com adalah web resmi Madrasah Aliyah Muhammadiyah watulimo yang disingkat MAM Watulimo. Merupakan media kreatif hasil karya pelajar, guru dan persyarikatan untuk Masyarakat.